Super Tipis! Chef Ini Potong Tahu Sutera Setipis Helaian Rambut

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 05 Agu 2019 14:00 WIB
Foto: South China Morning Post
Jakarta - Memotong tahu sutera tidak mudah karena teksturnya super lembut dan mudah terkoyak. Namun chef asal China ini mampu mengiris tahu hingga sangat tipis seperti helaian rambut.

Aksi chef Junno Li dari restoran The Chinese Library di Tai Kwun, China jadi sorotan ketika memotong tahu sutera. Ia membuat potongan tahu yang sangat tipis bermodalkan pisau daging yang penampangnya persegi. Melalui video bersama South China Morning Post (SCMP), chef Junno menunjukkan trik memotong tahu sutera ala dirinya.

Super Tipis! Chef Ini Potong Tahu Sutera Setipis Helaian RambutFoto: South China Morning Post

Chef Junno menyebut pemotongan tahu super tipis menghasilkan tampilan mirip bunga chrysanthemum nantinya. Hidangan ini dikenal dengan nama tahu krisan di wilayah China Tengah. Tahu krisan disajikan bersama sup bening khas negeri tirai bambu.

"Tahu adalah makanan super murah. Kami menggunakan keahlian artistik untuk mengubahnya jadi makanan kelas atas. Kami memakai tahu yang sangat lembut, biasa digunakan untuk kukus atau stew. Ada di supermarket ata pasar tradisional," kata chef Junno mengawali video yang diunggah 2 Agustus 2019 lalu.

Super Tipis! Chef Ini Potong Tahu Sutera Setipis Helaian RambutFoto: South China Morning Post

Baca Juga: Usai Viral Video Kupas Bawang, Kini Ada Video Cara Praktis Potong Kue

Terlihat chef Junno memotong tahu dalam bentuk persegi. Namun sebelumnya ia membasahi pisau dengan air. "Karena tahu sangat lembut, makan akan mudah rusak saat Anda memotongnya dengan pisau. Dengan membasahi pisau, maka pisau tidak terlalu lengket nantinya," katanya.

Ia juga menekankan tahu tidak boleh dipotong sampai bawah, kira-kira sekitar 3/4 bagiannya saja. Chef yang berlatih lebih dari 10 tahun untuk memotong tahu sutera ini mengatakan, "Potong dalam ukuran sangat tipis dan konsisten. Setelah potong satu bagian, putar 90 derajat, dan potong lagi bagian lainnya dengan cara sama."

Super Tipis! Chef Ini Potong Tahu Sutera Setipis Helaian RambutFoto: South China Morning Post

Selanjutnya, ambil tahu sutera yang sudah dipotong itu dengan permukaan pisau daging. "Taruh di dalam mangkuk berisi air maka akan terlihat seperti bunga krisan," ujarnya seraya memekarkan tahu sutera di dalam mangkuk.

Reporter SCMP, Bernice Chan sempat ikut mencoba buat tahu krisan. Menurutnya sulit sekali memotong tahu sutera dengan sangat tipis. "Punya saya sangat tebal dibanding Junno Li. Seperti versi pixelated. Tips dari chef Junno adalah menaruh gulungan tisu supaya mencegah pisau terlalu turun ke bawah saat memotongnya," kata Bernice.

Super Tipis! Chef Ini Potong Tahu Sutera Setipis Helaian RambutFoto: South China Morning Post

Sebelum chef Junno, chef Dong Zhenglin dari China Selatan juga memiliki kemampuan serupa. Ia berhasil memotong tahu setipis benang. Ketebalannya kira-kira 1 milimeter.

"Dibutuhkan sekitar 600 potongan untuk mengubah tofu menjadi irisan tipis," ungkap Chef Dong yang kini menjadi guru di sekolah memasak kala itu.

Baca Juga: Keren! Chef China Ini Mampu Iris Tahu Setipis Benang



Simak Video "Lapek Koci, Kuliner Khas Pariaman yang Lezat"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)