ADVERTISEMENT

Makan Telur Mentah Bikin Pria Berotot dan Berstamina, Mitos atau Fakta?

Devi Setya - detikFood
Rabu, 23 Sep 2020 06:00 WIB
Target Telur Mentah
Foto: Istimewa

2. Bahaya konsumsi telur mentah

Nekat makan telur mentah sama saja membahayakan tubuh karena dikhawatirkan akan menjadi sarang bakteri sehingga menyebabkan infeksi. Dilansir dari HealthLine (22/9) konsumsi telur mentah bukan hanya beresiko terpapar bakteri salmonella tapi juga berbagai masalah kesehatan lainnya.

Telur mentah yang masuk ke dalam tubuh akan menghambat penyerapan protein. Konsumsi telur mentah juga menghambat penyerapan biotin atau vitamin B7. Pada kulit telur dan bagian dalam telur mentah terdapat bakteri Salmonella yang jika masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan keracunan dengan efek diare, kram perut, mual, demam dan sakit kepala.

Efek makan telur mentah ini akan semakin berbahaya kala dikonsumsi orang-orang tertentu seperti anak-anak, ibu hamil, lansia dan orang dengan tingkat imunitas rendah.

3. Makan telur mentah bikin persalinan lancar

Pola Makan Ibu HamilPola Makan Ibu Hamil Foto: iStock


Bagi ibu hamil tentu saja mendambakan melahirkan dengan cara normal. Berbagai cara pun dilakukan agar buah hati bisa datang ke dunia tanpa operasi caesar. Salah satu mitos yang dipercaya adalah mengkonsumsi kuning telur mentah yang sudah dicampur madu dan minyak kelapa.

Disampaikan dr. Lia Nur Amalina mengatakan kalau cara ini hanyalah mitos semata dan tidak terbukti kebenarannya. Justru konsumsi makanan mentah seperti telur, madu mentah dan minyak kelapa justru bisa berbahaya karena memicu adanya infeksi pada kehamilan.

Setiap makanan mentah yang dikonsumsi ibu hamil berpotensi mengandung bakteri, virus atau parasit yang dapat masuk dan menginfeksi tubuh. Untuk itu, jika ingin menjalani kelahiran normal, ibu hamil harus menyiapkan tubuh yang bugar, kondisi bayi yang sehat dan mental yang terjaga.



Simak Video "Masak Masak: Telur Gulung Keju Sehat Bergizi"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT