Ini Kopi Termahal di Inggris, Harganya Hampir Rp 1 Juta Per Cangkir

Devi Setya - detikFood Senin, 21 Sep 2020 15:30 WIB
Kopi Termahal di Inggris Foto: instagram @queenofmayfair
Jakarta -

Di Inggris ada jenis kopi yang dibanderol harganya sangat tinggi. Saking nikmatnya, secangkir kopi ini harganya hampir Rp 1 juta.

Dikabarkan Metro (21/9) para penikmat kopi di Inggris memang tidak terlalu dominan meskipun kini mulai populer di kalangan anak muda. Orang-orang Inggris cenderung memilih secangkir teh sebagai minuman wajib di pagi dan sore hari.

Meskipun demikian, penikmat kopi di Inggris juga tak bisa dipandang sebelah mata. Kalangan orang-orang penikmat kopi akan memanjakan lidah dengan kopi berkualitas yang aroma dan rasanya nikmat. Termasuk mencicip kopi termahal di Inggris.

Kopi Termahal di InggrisKopi Termahal di Inggris Foto: instagram @queenofmayfair

Sebuah kedai kopi di London menawarkan secangkir kopi yang harganya cukup tinggi. Kopi ini diberi harga £ 50 (Rp 954 ribu) dan diklaim sebagai kopi termahal di Inggris. Bukan kedai kopi biasa, Queens of Mayfair adalah kedai kopi berkonsep elegan yang lokasinya ada di kawasan mewah di London.

Kopi yang dijuluki 'Cup of Excellence' ini tersedia dalam jumlah sangat terbatas yakni 15 cangkir saja. Pemiliknya, Grace dan Victoria Sheppard memiliki beberapa alasan kenapa mereka berani menjual secangkir kopi dengan harga selangit.

Grace dan Victoria mengaku kopi ini sangat eksklusif karena didapatkan melalui proses lelang oleh coffee roaster dari Difference Coffee Co. Biji kopi yang digunakan berasal dari Ethiopia dan termasuk jenis kopi langka yang sudah berhasil menyabet berbagai penghargaan.

Harga per cangkir kopi ini sudah merupakan harga eceran, sementara harga per kilogram biji kopi ini sekitar £ 2.000 (Rp 38,1 juta). "Target kami tentu saja para pencinta kopi sejati yang memiliki standar selera tinggi," ujar Victoria.

Secangkir kopi ini disajikan dengan presentasi yang elegan dan mewah. Bukan dengan cangkir biasa, kopi langka ini disajikan dalam gelas kristal yang tampil cantik. Biji kopi digiling secara manual menggunakan tangan sehingga aroma dan rasanya tetap terjaga.

Kopi Termahal di InggrisKopi Termahal di Inggris Foto: instagram @queenofmayfair

Berbicara tentang biji kopi, Amir Gehl, pemilik perusahaan coffee roaster mengatakan harga biji kopi yang mahal sebenarnya sekaligus untuk menyejahterakan para petani kopi.

'Tidak hanya komoditas yang luar biasa dan langka, tetapi juga membuat perbedaan bagi petani di Ethiopia. Proses lelang hanya sebagai wadah bagi petani yang menyediakan biji kopi khusus. Hasil lelang akan diterima sepenuhnya oleh petani," ujar Gehl.

Saat ini peringkat kopi termahal di dunia diduduki oleh kopi luwak dan black ivory. Dua jenis kopi ini terbilang eksotis karena melalui proses fermentasi alami sistem pencernaan hewan.


Kopi luwak melalui sistem pencernaan luwak atau musang, sementara black ivory diproses lewat dari biji kopi yang sudah dikunyah kemudian dimuntahkan kembali oleh gajah. Kopi luwak dibanderol dengan harga mencapai Rp 9,5 juta per 500 gram, lain lagi dengan black ivory yang harganya mencapai Rp 23,7 juta per 500 gram.



Simak Video "Es Kopi Susu Kekinian Jadi Tren Bisnis Milenial"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)