Restoran Fine Dining dan Casual Dining, Apa Perbedaannya?

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 19 Sep 2020 16:30 WIB
fine dining Fine dining. Foto: Istock
Jakarta -

Di Indonesia restoran fine dining tersebar di beberapa kota seperti Jakarta, Denpasar, Surabaya hingga Bandung. Di restoran fine dining tidak hanya memiliki rasa masakan yang nikmat, tetapi juga teknik memasak dan atmosfer restoran sangat diperhatikan.

Fine dining adalah restoran yang memiliki konsep mewah dan berkelas yang mengutamakan pelayanan terhadap tamunya. Sedangkan casual dining lebih kepada restoran umum dan biasa. Sama-sama menyajikan makanan enak, akan tetapi kedua konsep restoran ini tentu sangat berbeda. Di antara perbedaan utama antara keduanya adalah atmosfer dan suasananya.

Casual dining karakteristiknya lebih ramah dan informal sedangkan fine dining memancarkan suasana yang lebih elegan dan formal.

Berikut ini beberapa perbedaan antara restoran fine dining dan casual dining:

Fine Dining

Dikutip dalam surfnturfmalta, istilah fine dining lebih merujuk kepada gaya makan yang lebih formal. Restoran fine dining menawarkan pengalaman bersantap kelas atas yang sering terdiri dari menu misalnya salad, hidangan pembuka, hidangan utama dan hidangan penutup.

Para koki di restoran fine dining biasanya adalah koki profesional dan sudah terlatih serta memiliki pengalaman bekerja di bidangnya selama puluhan tahun. Selain menawarkan pelayanan yang mewah, restoran fine dining juga dilengkapi dengan arsitektur restoran yang megah serta para pelayannya mengenakan pakaian serba rapi.

Tak hanya para pelayan, bagi kamu yang hendak datang ke restoran fine dining sebaiknya juga harus mengenakan pakaian rapih juga. Yang membedakan restoran fine dining dengan restoran biasa ialah untuk menikmati santapan di sini perlu melakukan reservasi terlebih dulu.

Nah, bagi kamu yang ingin menikmati fine dining di Jakarta sebaiknya mengenakan dress dan pakaian formal yang rapih. Menu-menu di restoran fine dining juga dibuat dengan ukuran yang lebih kecil. Karena dalam satu set menu, ada banyak pilihan menu yang akan disajikan langsung oleh sang koki.

Casual Dining

Berbeda dengan istilah fine dining, casual dining biasanya menyajikan makanan dengan harga yang terjangkau dalam suasana yang lebih kasual. Restoran kasual ini memberikan suasana santai dengan lingkungan yang informal. Restoran kasual umumnya dapat bergaya prasmanan atau layanan meja pelayan.

Dekorasi untuk restoran kasual juga lebih santai sehingga pengunjung bisa datang dengan mengenakan pakaian kasual. Meskipun begitu, restoran kasual juga menyajikan makanan-makanan enak dan dibuat dengan koki terlatih juga.

Restoran kasual menjual menunya dalam porsi satuan bukan satu set. Sehingga kamu bisa memesan salad saja, minum saja atau makanan berat saja sesuai dengan menu yang tertera dalam buku menu restoran.

Nah, sekarang jadi tahu kan seperti apa perbedaan antara restoran fine dining dan casual dining?



Simak Video "Naik Kapal Pesiar Sambil Makan Masakan Jepang di Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)