Ini 5 Ikan Cupang Termahal, Jangan Digoreng Ya!

Odilia WS - detikFood Minggu, 19 Jul 2020 19:30 WIB
ikan cupang termahal Foto: iStock
Jakarta -

Ikan cupang yang mungil dengan warna-warni menarik kini jadi favorit banyak orang. Lima ikan cupang termahal ini harganya sampai puluhan juta rupiah.

Selama pandemi Corona, ikan hias menjadi populer karena mulai diminati banyak orang. Selain memelihara ikan koi dan tanaman hias, memelihara ikan cupang menjadi hobi baru banyak orang yang tinggal di perkotaan.

Ikan cupang atau Betta sp, merupakan jenis ikan air tawar yang bandel dan mudah dipelihara. Banyak penjual yang menjajakan ikan cupang dalam botol-botol kaca keliling kampung atau di pasar-pasar dan dijual per ekor Rp 10.000. Tanpa aerator atau alat sirkulasi udara dan air yang minim ikan cupang tetap bisa hidup.

Ikan cupang ini banyak ditemui di kawasan Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Brunei, Malaysia, Singapura hingga Vietnam. Ukuran ikan cupang mungil dengan warna-warni sisik yang menarik, membuat banyak orang jatuh hati. Apalagi tak perlu repot memeliharanya.

Di kalangan penggemar ikan hias dikenal 3 janis ikan cupang. Ikan cupang hias, ikan cupang adua dan ikan cupang liar. Sedangkan ikan cupang asli Indonesia adalah Betta channoides yang berasal dari Pampang, Kalimantan Timur.

Beberapa waktu lalu netizen digemparkan dengan kabar seorang istri menggoreng ikan cupang peliharaan suaminya jadi rempeyek. Ikan cupang utuh dibalut adonan tepung lalu digoreng kering, mirip rempeyek.

Rupanya sang suami bertugas di Papua dan ia ingin memberi kejutan. Ternyata bukan ikan-ikan cupang mahal peliharaan suami yang digoreng. Melainkan ikan cupang biasa. Karena ikan cupang harganya bisa seharga motor per ekornya.

Dilansir dari berbagai sumber, beberapa jenis ikan cupang ini mendapat julukan ikan cupang termahal. Karena jenisnya dan terutama karena warna-warna sisik dan ekornya yang cantik. Gemulai dalam warna-warni cantik dalam akuarium dan memikat mata.

ikan cupang termahalikan cupang termahal Foto: Dok. hewany


1. Ikan Cupang Kachen Worachai

Jenis ikan cupang aduan, betta splendens ini dinamai sesuai dengan nama pemiliknya Kachen Worachai berasal dari Bangkok, Thailand. Warna-warni merah, biru dan putih ikan ini mirip dengan bendera Thailand.

Badan ikan berwarna biru dengan garis membujur putih di bagian perut dan ada warna merah yang sejajar di bagian sirip bawah. Ikan ini menjadi perbincangan di tahun 2016.

Ini karena ikan cupang yang dilelang online saat itu laku US 1.530 atau saat itu setara dengan Rp 20 juta. Atau kini harganya setara Rp 22.6 juta. Pada saat itu ikan cupang ini menggemparkan para pencinta ikan hias karena harga yang fantastis untuk seekor ikan mungil cantik.

ikan cupang termahalikan cupang termahal Foto: Dok. hewany

2. Ikan Cupang Fancy

Ikan cupang jenis ini bersirip pendek dan sejak anakan sudah mahal harganya, per ekor Rp 200.000. Kecantikan ikan ini terletak pada gradasi warnanya yang sangat indah karena merupakan 3 demensi warna. Keindahannya terlihat saat ikan ini berlenggang lenggok di dalam akuarium.

Sesuai dengan namanya fancy maka warna-warni merupakan kelebihan ikan ini. Saat sudah besar ikan cupang fancy ini bisa terjual hingga Rp 2.000.000 per ekor. Orang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa menikmati keindahan warnanya.

ikan cupang termahalikan cupang termahal Foto: Dok. hewany

3. Ikan Cupang Plakat

Seperti dua jenis ikan cupang terdahulu, ikan cupang ini berasal dari Thailand. Namanya 'plakad' dalam bahasa Thailand airnya tarung. Tergolong dalam jenis ikan cupang aduan.

Meski demikian, ikan cupang ini tak kalah menarik dengan bentuk tubuh yang kekar, sirip dan ekornya pendek dan tumpul. Warna ikan cupang ini cenderung gelap dan punya gerakan agresif. Harga anakannya Rp.60.000 dan mencapai Rp 2.000.000 untuk cupang plakat juara.

ikan cupang termahalikan cupang termahal Foto: Dok. hewany

4. Ikan Cupang Double Tail

Sesuai dengan namanya ikan ini memiliki ekor yang seperti terbelah dua dengan masing-masing memiliki gradasi warna berbeda. Karenanya keindahan warna belahan ekor ini bisa membuat harganya mahal.

Jenis ikan cupang ini agak sulit dikembangbiak karena tak mudah ditemui di pasaran. Selain itu juga rentan terhadap penyakit. Harga ikan cupang double tail anakan Rp 50.000 dam juara bisa mencapai Rp 1.200.000 per ekor.

ikan cupang termahalikan cupang termahal Foto: Dok. hewany

5. Ikan Cupang Halfmoon

Keindahan juntaian ekor ikan cupang halfmoon ini memikat siapapun yang melihatnya. Sesuai dengan namanya ekor dan sirip ikan ini berbentuk bulan separo atau setengah. Bentangan ekornya akan membentuk lingkaran setengah lingkaran.

Ikan ini juga berasal dari Thailand dan dikembangkan oleh Peter Boethhner dari Amerika Serikat pada tahun 1980 an. Ikan cupang jenis ini memang sering dikawin silang dengan ikan cupang plakat. Harga anakannya Rp 40.000 dan harga ikan cupang halfmoon juara bisa mencapai Rp 500.000 per ekor.



Simak Video "Bikin Laper: Santap Ikan Kerapu Raja dan Udang Vaname"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)