Heboh Ikan Arwana Digoreng, Bisakah Ikan Hias Mahal Ini Dimakan?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 16 Jun 2020 16:00 WIB
Ikan arwana Foto: Getty Images/iStockphoto/g01xm
Jakarta -

Ikan arwana terkenal sebagai ikan hias berharga fantastis. Tak heran saat ikan ini digoreng, netizen ramai menyoroti. Sebenarnya bisakah ikan arwana dimakan?

Ikan arwana merupakan jenis ikan air tawar populer yang sudah ada sejak ratusan juta tahun lalu. Ikan ini hidup di banyak belahan dunia, mulai dari Afrika, Asia, hingga Australia.

Di Indonesia, ikan arwana yang umum dikenal merupakan kategori arwana Asia. Bentuk badannya memanjang dengan warna dominan perak. Banyak terdapat di pulau Kalimantan. Ada berbagai jenis ikan arwana di Indonesia yaitu Arwana Super Red, Arwana Golden Pino, sampai Arwana Red Tail Golden.

Meski populer sebagai ikan hias, beberapa orang iseng menggoreng ikan mahal ini. Kisahnya jadi viral lantaran harga ikan arwana yang bisa mencapai Rp 2 juta hingga puluhan juta rupiah. Banyak netizen menyayangkan ikan arwana harus digoreng layaknya ikan konsumsi biasa.

detikFood (16/6) merangkum fakta-fakta seputar konsumsi ikan arwana. Mulai dari kisah miris di balik penggorengan ikan arwana hingga mengapa ikan ini berharga fantastis.

1. Ikan arwana Rp 2 juta milik seorang pria digoreng ayahnya

Ikan arwanaIkan arwana Foto: Getty Images/iStockphoto/g01xm

Ikan arwana seharga Rp 2 juta milik seorang pria di Sukoharjo, Jawa Tengah hilang bukan dicuri. Ternyata ayah pria itu tega menggoreng ikan arwana peliharaannya. Hal ini diungkap lewat Instagram @solokini pada 13 Juni 2020.

@mas_bayu_oky yang merupakan pemilik ikan bercerita kalau ikan arwana itu ia bawa dari Cikarang ke Solo pada dua tahun lalu. Dulunya ia beli di Jatinegara. Selama 4 tahun, @mas_bayu_oky merawat ikan arwana kesayangannya. "Dulu belinya Rp 800 ribu, tapi kalau sekarang dijual harganya sekitar Rp 2 juta," kata Bayu kepada detikcom, Selasa (16/6/2020).

Namun saat ia pulang ke Solo, ikan arwana itu tidak terurus. Jika biasanya ikan diberi makan jangkrik dan kelabang, ayahnya hanya memberikan cicak. Sang ayah lalu terpikir untuk menggorengnya saja. Netizen ramai memberi tanggapan. Sementara Bayu mengaku sudah pasrah dan berusaha tak mau memikirkan kembali hal tersebut. Sebab, dia tak bisa membayangkan ayahnya memakan ikan hias kesayangannya senilai Rp 2 juta itu.

Baca Juga: Viral Kisah Pedih Ikan Arwana Seharga Rp 2 Juta yang Akhirnya Digoreng

Selanjutnya
Halaman
1 2 3