Nonton Film Indonesia Bertema Kuliner, Jangan di Cinemaindo dan Dutafilm Ya

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 25 Agu 2020 19:30 WIB
Filosofi Kopi: Ben & Jody Film Indonesia bertema kuliner. Foto: Filosofi Kopi: Ben & Jody
Jakarta -

Film Indonesia bertema kuliner dibuat secara apik dengan menampilkan produk-produk khas Indonesia. Tidak hanya Indonesia di luar negeri banyak film bertema kuliner yang diangkat ke layar lebar, bahkan dibuat menjadi film animasi.

Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang berlimpah sehingga jika diangkat menjadi film tentu akan sangat menarik dan membuat penasaran. Kira-kira makanan apa saja yang ditampilkan?

Berikut ini film Indonesia bertema kuliner yang bisa kamu tonton:

1. Aruna dan Lidahnya

Aruna dan LidahnyaAruna dan Lidahnya Foto: (dok.Palari Film)

Film Aruna dan Lidahnya dirilis pada September 2018. Film ini diadaptasi dari novel karangan Laksmi Pamuntjak dengan judul yang sama. Film bertema kuliner ini dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra.

Film ini bercerita tentang seorang ahli epidemiologi bernama Aruna Rai (Dian Sastrowardoyo) yang ditugasi menyelidiki kasus flu burung di beberapa wilayah di Indonesia. Aruna pergi bersama sahabatnya Bono (Nicholas Saputra), koki profesional yang ingin menemukan kuliner autentik Indonesia.

Ada juga Nad (Hannah Al Rashid), kritikus makanan yang ingin menulis buku dan ada pula mantan teman kantor Aruna bernama Farish (Oka Antara).

Keempat orang ini pergi mengunjungi Surabaya, Pamekasan, Pontianak dan Singkawang untuk menyelidiki kasus flu burung sekaligus berwisata kuliner. Keempatnya disatukan oleh perjalanan kuliner dengan berbagai intrik sehingga melahirkan momen yang menarik.

Berkat film ini bakmi kepiting dan pengkang dari Pontianak kian populer. Salah satu adegan yang sukses membuat penonton ngiler ialah ketika Aruna dan ketiga temannya menyantap bakmi kepiting. Selain itu ada juga choi pan, nasi goreng Pontianak hingga rawon asal Surabaya.

2. Tabula Rasa

Tabula RasaTabula Rasa Foto: (dok. imdb.)


Film bertema kuliner yang kedua adalah Tabula Rasa. Buku ini diadaptasi dari buku karya Ratih Kumala yang berkisah tentang Hans, seorang pemuda dari Papua yang datang ke Jakarta untuk bermain sepak bola. Akan tetapi di tengah perjalanan, Hans (Jimmy Kobogau) bertemu dengan Mak (Dewi Irawan), si pemilik rumah makan Padang.

Pertemuan itu mengubah hidup Hans. Di tengah perbedaan latar belakang dan suku dirinya dengan Mak, makanan menjadi iktikad baik untuk bertemu. Semangkuk gulai kepala ikan yang hangat dapat membangkitkan kembali semangat Hans karena rasanya mirip dengan ikan kuah kuning yang sering dibuat oleh ibunya.

Hadirnya Hans mendapat penolakan dari Parmanto (Yayu Unru) selaku juru masak dan Natsir (Ozzol Ramdan) sebagai juru senduak (pelayan). Para penikmat film bertema kuliner ini diajak untuk menyaksikan film yang sarat dengan nilai-nilai kebudayaan dan sosial sekaligus menikmati kekayaan kuliner khas Indonesia.

3. Koki-koki Cilik

Koki-koki CilikKoki-koki Cilik Foto: imdb


Film berjudul Koki-koki Cilik ini menceritakan tentang kompetisi memasak dikalangan anak-anak. Dalam film ini dikisahkan Bima yang merupakan seorang anak dari keluarga tidak mampu berhasil untuk ikut dalam acara Cooking Camp, sebuah acara kemah memasak yang sangat bergengsi.

Film bertema kuliner ini dibintangi oleh Farraz Fatik, Chloe Xaviera, Clarice Cutie, Alifa Lubis, Ali Fikry, Romaria Simbolon serta Marcello dan turut menampilkan Aura Kasih, Ringgo Agus Rahman, Morgan Oey, Fanny Fabriana dan Abah Kurdi.

4. Filosofi Kopi

Rio Dewanto dan Chicco Jericho saat berkunjung ke kantor detikcom.Rio Dewanto dan Chicco Jericho saat berkunjung ke kantor detikcom. Foto: Hanif Hawari/detikHOT


Film Indonesia bertema kuliner ini terinspirasi dari buku cerita pendek karya Dewi 'Dee' Lestari. Film Filosofi Kopi yang pertama dirilis pada tahun 2015. Di film ini diceritakan dua orang sahabat, Ben dan Jody yang membuka usaha kedai kopi.

Namun mereka terlilit hutang bernilai ratusan juta rupiah dan mengancam keberadaan kedai Filosofi Kopi. Film ini dibintangi oleh Chicco Jerikho dan Rio Dewanto.

Pada tahun 2017, film kedua Filosofi Kopi 2: Ben & Jody dirilis. Kali ini Ben dan Jody sedang mewujudkan mimpi baru mereka untuk menjadikan kedai Filosofi Kopi menjadi nomor satu lagi.

5. Madre

MadreMadre Foto: Istimewa


Film Madre dirilis pada tahun 2013. Film Indonesia bertema kuliner ini menceritakan tentang Tansen yang diperankan oleh Vino G Bastian yang memiliki toko roti warisan. Namun Tansen tak ingin mengurus toko itu karena hampir bangkrut.

Padahal toko tersebut memiliki Madre yaitu sebuah biang roti istimewa resep turun temurun dari toko roti Tan De Becker. Mengetahui akan ada hal itu Melian (Laura Basuki) pemilik Fairy Bread berniat membeli toko roti itu.

Akhirnya penjaga toko roti Pak Hadi (Didi Petet) akhirnya mengajari Tansen cara membuat roti dengan madre. Namun dibalik filosofi roti, terselip juga adegan manis di dalamnya tentang cinta.

Semua film Indonesia bertema kuliner ini sebaiknya kamu tonton di aplikasi atau website streaming legal seperti Netflix, Viu ataupun Iflix. Jangan menonton di situs ilegal seperti Cinemaindo dan Dutafilm ya.



Simak Video "Sandwich Pecel, Kombinasi Kuliner Indonesia dan Eropa"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)