Bikin Laper! Tengkleng dan Garang Asem Solo yang Enaknya Poll

Devi Setya - detikFood Sabtu, 19 Sep 2020 08:30 WIB
Bikin Laper! Tengkleng dan Garang Asem Solo yang Enaknya Poll Foto: bikin laper Trans TV
Jakarta -

Masakan Solo selalu bikin kangen. Ada gudeg dan garang asem, tak ketinggalan juga ada tengkleng yang enaknya poll.


Anwar dan Fahmi kali ini diajak menjelajah kuliner Solo di Warung Nasi Liwet Bu Har. Di sini lidah dimanjakan dengan makanan khas Solo. Dijamin nggak mau pulang kalau perut belum kenyang. Bikin Laper!

Menu pertama yang di coba adalah nasi gudeg. Sekilas tampak sama dengan gudeg khas Jogja, disajikan komplit bersama berbagai isian. Ada nasi, gudeg, krecek, opor ayam dan telur. Kombinasi menu yang rasanya manis gurih ini bikin Anwar sibuk ngunyah.

Bikin Laper! Tengkleng dan Garang Asem Solo yang Enaknya PollBikin Laper! Tengkleng dan Garang Asem Solo yang Enaknya Poll Foto: bikin laper Trans TV

"Gudegnya komplit, ini ada kreceknya koyor banget. Hmm enak menembus sanubari," kata Anwar sambil terus sibuk makan.

Pujian juga datang dari Fahmi yang makan gudeg ini serasa sedang makan di rumah "Opornya rumahan banget, enak. Gudeg sama kreceknya wuiiihh. Enaknya dimakan bareng kerupuk gini," sahut Fahmi.

Puas makan menu pertama, ada juga menu tengkleng. Racikan daging dan tulangan kambing ini tak kalah mentap. Bagian iga dan daging kambing dimasak perlahan dengan bumbu tengkleng yang pekat. Alhasil dagingnya empuk dan bumbunya meresap sampai tulang.

"Ini teknik masaknya istimewa, nggak ada bau prengus, bau kambing sama sekali, enak banget. Nih lihat dagingnya langsung copot. Kuahnya itu pas dimakan panas-panas," beber Anwar.

Terakhir ada menu garang asem yang tak boleh dilewatkan. Meskipun sudah kenyang tapi Anwar dan Fahmi tak bisa menolak garang asem yang dibungkus dengan daun pisang.

Daging ayam kampung yang sudah dimasak dalam kuah garang asem kemudian dibungkus daun pisang. Tambahannya ada irisan tomat, cabai dan tentu saja kuah garang asem. Lanjut dikukus hingga matang dan siap disajikan.

Bikin Laper! Tengkleng dan Garang Asem Solo yang Enaknya PollBikin Laper! Tengkleng dan Garang Asem Solo yang Enaknya Poll Foto: bikin laper Trans TV

Rasa ayam pada masakan ini gurih dengan tekstur super empuk. Bagian cekernya saja mudah dimakan, apalagi bagian dagingnya. Kuahnya yang gurih asam cocok buat teman makan nasi siang-siang. Mantul!

Yang di rumah, jangan hanya ngiler melihat aksi makan Anwar dan Fahmi. Kamu bisa mendapat rekomendasi tempat makan enak lainnya hanya di tayangan Bikin Laper.

Jangan lupa saksikan Bikin Laper yang tayang setiap hari pukul 17.00 hanya di Trans TV.



Simak Video "Bikin Laper: Iga Penyet Pedas dan Cumi Bakar Telur Asin"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)