Mirip Narkoba, 5 Makanan Enak Ini Bisa Sebabkan Kecanduan

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 19 Sep 2020 19:00 WIB
Mirip Narkoba, 5 Makanan Enak Ini Bisa Sebabkan Kecanduan Foto: Getty Images/iStockphoto

4. Cokelat

Mirip Narkoba, 5 Makanan Enak Ini Bisa Sebabkan KecanduanMirip Narkoba, 5 Makanan Enak Ini Bisa Sebabkan Kecanduan Foto: Getty Images/iStockphoto

Cokelat jadi salah satu makanan populer yang punya efek seperti narkoba. Dibalik rasa manis dan legit cokelat, mengandung banyak gula, lemak, theobromine, dan enkephalin. Kedua senyawa ini merupakan kafein di dalam cokelat yang bersifat sebagai pendorong.

Kandungan theobromine contohnya, diketahui dapat mendorong penyebaran ke pembuluh darah. Sekaligus menurunkan detak jantung dan tekanan darah yang menciptakan perasaan tenang atau rileks, seperti tengah mengonsumsi obat-obatan terlarang.

Tak hanya itu, cokelat mengandung beberapa alkaloid tertentu yang mirip mirip dengan kandungan dalam alkohol. Tambahan gula dalam produk cokelat juga bisa membuat orang lebih ketagihan saat menyantapnya.


5. Keripik Kentang

Mirip Narkoba, 5 Makanan Enak Ini Bisa Sebabkan KecanduanMirip Narkoba, 5 Makanan Enak Ini Bisa Sebabkan Kecanduan Foto: Getty Images/iStockphoto

Begitu banyak produk camilan kentang di pasaran, dan biasanya orang-orang tidak bisa berhenti jika sudah ngemil keripik kentang. Ternyata ini merupakan efek kecanduan yang sama seperti mengonsumsi narkoba.

Menurut penelitian dari Dokter Tony Goldstone di Imperial College London. Mirip seperti keju, keripik kentang membuat tubuh mengeluarkan dopamin yang membuat tubuh bereaksi seperti ketika mengonsumsi narkoba.

Dokter Tony menemukan bahwa foto-foto keripik kentang beberapa makanan junk food, membuat beberapa orang lebih senang dan semangat di bagian otak mereka.

Hal ini sama seperti ketika pemabuk melihat gambar minuman beralkohol. Atau ketika pengguna narkoba melihat gambar obat-obatan terlarang.

Baca Juga: Doyan Makanan Asin? Ini 7 Efek Negatif yang Bisa Terjadi Pada Tubuh

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)