Aneh! Orang-orang Ini Punya Kebiasaan Makan Tisu

Devi Setya - detikFood Jumat, 03 Jul 2020 19:30 WIB
makan tisu Foto: istimewa
Jakarta -

Ada berbagai jenis makanan enak, tapi ada orang justru punya kebiasaan makan aneh. Orang-orang ini punya kebiasaan makan tisu tiap hari.

Dilansir dari Ncbi (3/7) kebiasaan makan tisu ini masuk dalam kategori Xylophagia yakni kondisi kelainan seseorang yang gemar mengonsumsi kertas dan tisu. Secara umum, kebiasaan makan tisu dikenal dengan sebutan pica.

Orang yang menderita kelainan makan ini biasanya mengkonsumsi benda yang bukan makanan seperti kertas, tisu, pensil, kulit pohon atau barang-barang lainnya yang terbuat dari kayu. Bentuk xylophagia yang paling populer adalah konsumsi tisu. Beberapa kasus makan tisu pernah terjadi, bahkan ada model yang sengaja mengonsumsi tisu dengan tujuan menjaga berat badan.

Kelainan makan ini sebenarnya sudah terjadi sejak lama. Penelitian yang dilakukan menunjukkan kebiasaan makan tisu ini banyak melibatkan anak-anak, wanita hamil dan orang dengan gangguan psikologis.

makan tisumakan tisu Foto: istimewa


Baca juga : Alami Penyakit Obsesi Makan, Anak Ini Bisa Makan Tisu hingga Kotoran di Lantai!


Seorang gadis berusia 16 tahun tercatat memiliki kebiasaan makan tisu karena kelainan kejiwaan. Sebelum mulai makan tisu, gadis ini punya kebiasaan menghirup aroma minyak tanah selama 3 tahun.

Keluarganya akhirnya mengetahui kebiasaan gadis ini makan tisu dan kertas sejak buku sekolahnya selalu habis karena disobek. Kertas ini dikunyah dan dimakan setiap hari. Selain kertas, ada juga tisu yang jadi santapan hariannya. Dalam sehari, setidaknya 4-5 lembar kertas dan tisu jadi makanannya.

Saat dibawa ke dokter, gadis ini diketahui sudah kecanduan makan tisu dan kertas. Sehari tak makan tisu akan membuatnya gelisah, tak bisa konsentrasi serta tak jarang ia akan mengamuk.

Selain gadis berusia 16 tahun ini, kebiasaan makan tisu juga dialami Jade Sylvester, wanita berusia 25 tahun. Jade gemar makan tisu toilet saat dirinya tengah hamil. Ia mengaku tekstur tisu sangat lembut di mulutnya sehingga membuatnya senang makan tisu.

Dalam sehari, Jade bahkan bisa menghabiskan satu gulung tisu toilet. "Dua bulan setelah hamil, saya mulai mengidam tisu toilet. Saya masih tidak tahu mengapa, saya suka teksturnya," jelas Jade.

Kebiasaan makan tisu ini masih terus berlanjut hingga bayi Jade lahir. Untungnya, bayi Jade tidak mengalami kelainan akibat kebiasaan makan tisu yang dilakukan sang ibu.

makan tisumakan tisu Foto: istimewa


Baca juga : Canggih! Struk dan Alas Baki Restoran Ini Diubah Jadi Tisu Makan


Dilansir dari Mirror (3/7) Jade bahkan punya kebiasaan pergi ke toilet hanya untuk makan tisu. "Saya pikir mengidam makan tisu akan berhenti setelah saya melahirkan tetapi tidak. Saya tidak bisa berhenti. Saya terus makan tisu, bahkan lebih banyak," ujar Jade.

Makan tisu sebenarnya tidak dibenarkan karena tisu bukanlah makanan. Tisu terbuat dari partikel halus kayu serta mengandung berbagai bahan kimia termasuk pemutih serta pewangi buatan. Efek yang bisa ditimbulkan saat makan tisu antara lain sakit perut, mual, muntah hingga diare.

Apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah banyak serta dilakukan terus menerus, zat beracun pada tisu akan mengendap dan membuat masalah pada sistem pencernaan.



Simak Video "Begini Cara Mudah Bikin Roti Tisu yang Lezat"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)