ADVERTISEMENT

Canggih! Struk dan Alas Baki Restoran Ini Diubah Jadi Tisu Makan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Jumat, 06 Mar 2020 15:00 WIB
Inovasi struk KFC
Foto: Istimewa
Jakarta -

KFC Timur Tengah memperkenalkan inovasi struk restoran. Mereka membuat lembaran struk hingga alas baki yang bisa dipakai sebagai tisu makan. Seperti apa prosesnya?

Sebagai jaringan restoran cepat saji global, KFC menggunakan banyak kertas setiap harinya. Kertas dipakai sebagai struk restoran yang diberikan pada pelanggan. Jumlahnya yang sangat banyak tentu berdampak pada lingkungan. Mulai dari proses produksi hingga pembuangannya.

Hal sama juga berlaku untuk penggunaan tisu makan. Tiap pelanggan setidaknya memakai lebih dari 1 lembar tisu serba guna tersebut. Berangkat dari dua masalah utama ini, jaringan KFC Timur Tengah mengusung sebuah inovasi.

Canggih! Struk dan Alas Baki Restoran Ini Diubah Jadi Tisu MakanFoto: Istimewa

Baca Juga: 7 Hal Unik yang Dibuat KFC Ini Sukses Menarik Perhatian Konsumen

Mereka membuat kampanye KFC Napkinized yang berkonsep ramah lingkungan. Nantinya semua kertas menu, struk restoran, kantong kertas, poster, flyer dan bahkan alas baki restoran dibuat dengan kertas ramah lingkungan. Pelanggan bisa memanfaatkannya sebagai serbet, lap, atau tisu makan.

Tak perlu khawatir soal keamanannya sebab KFC Napkinized dikembangkan dengan mesin printer UV. KFC bekerja sama dengan agensi kreatif TBWA/RAAD untuk menformulasikan tinta ramah lingkungan. Hasilnya struk restoran sampai alas baki bisa dipakai sebagai tisu makan yang aman jika mengenai tangan atau bibir pelanggan.

Canggih! Struk dan Alas Baki Restoran Ini Diubah Jadi Tisu MakanFoto: Istimewa

Dikutip dari Design Taxi (5/3), rencananya KFC Napkinized akan diperkenalkan di 87 gerai KFC Timur Tengah dan Lebanon. Harapannya KFC Napkinized bisa mengurangi masalah limbah lingkungan.

Sebelumnya, tahun lalu KFC Kanada memperkenalkan kemasan berbahan serat bambu yang ramah lingkungan. Kemasan ini bisa jadi alternatif dari bucket atau ember KFC ikonik berbahan plastik.

Bambu sendiri sudah banyak dipakai dalam berbagai industri. Bambu bersifat antibakteri alami dan 100% bisa terurai, tidak membutuhkan pestisida saat ditanam, dan tergolong tanaman yang panennya cepat.

Baca Juga: Sedotan Ramah Lingkungan Ini Terbuat dari Terigu



Simak Video "Bikin Laper: Puas Kulineran Khas Thailand di PIK"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT