Doyan Makanan Asin? Ini 7 Efek Negatif yang Bisa Terjadi Pada Tubuh

Odilia WS - detikFood Senin, 15 Jun 2020 07:00 WIB
gorengan umbi populer Foto: Istimewa
Jakarta -

Makanan asin gurih memang terasa enak di lidah. Sebagian besar orang bahkan kecanduan akan rasanya. Tetapi ada efek negatif jika terlalu banyak dikonsumsi.

Selain rasa manis, rasa asin gurih juga bisa membuat orang kecanduan. Bukan dikonsumsi sesekali, mereka penyuka rasa asin bahkan mengonsumsinya setiap saat. Meski memuaskan lidah tetapi jika dikonsumsi berlebihan akan berdampak negatif pada kesehatan.

Menurut The American Heart Association orang dewasa dianjurkan untuk tidak mengonsumsi sodium lebih dari 2.300 mg per hari. Idealnya tak boleh lebih dari 1.500 mg per hari. Banyak orang tahu jika asupan sodium melalui garam berdampak pada risiko tekanan darah tinggi.

Ternyata bukan hanya tekanan darah tinggi saja, dilansir dari eatthis (5/6) dan berbagai sumber, berikut ini sejumlah efek negatif pada kesehatan jika terus menerus mengonsumsi makanan asin atau gurih.



1. Minum lebih sedikit air

Saat makan makanan gurih biasanya orang akan merasa haus dan kemudian minum banyak air. Ini karena kandungan garam dalam makanan. Tetapi jika kamu makan makanan asin terlalu banyak kamu justru akan minum lebih sedikit.

Menurut studi panjang tentang keseimbangan sodium di The Journal Clinical Investigation dengan peserta pria diamati tahun 2009 - 2011 hasilnya berbeda. Makin banyak garam dikonsumsi, makin sedikit air yang diminum.

Hal ini karena tubuh mereka menyimpan dan memproduksi lebih banyak air. Untuk itu tubuh perlu lebih banyak energi dan bahan bakar yang didapat dari makanan, yang bisa memicu orang makan lebih banyak.

Reisa

Selanjutnya
Halaman
1 2 3