Korea Punya 5 Olahan Seafood Enak, Chamchi Kimbab hingga Sannakji

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 18 Sep 2020 19:30 WIB
Seafood khas Korea Foto: iStock
Jakarta -

Korea Selatan punya olahan seafood enak yang patut dicoba. Cita rasanya segar dan puaskan selera. Ada chamchi kimbab hingga sannakji.

Makanan khas Korea Selatan selalu diburu penikmatnya. Selain daging panggang dan camilan street food enak, negeri ginseng ini juga punya olahan seafood enak.

Dilansir dari Taste Atlas (18/9), ada beberapa sajian seafood yang populer di Korea. Seperti chamchi (tuna) kimbab hingga sannakji yang merupakan gurita mentah.

Berikut 5 seafood khas Korea yang populer:

1. Hongeo

Seafood khas KoreaSeafood khas Korea Foto: iStock

Hongeo mirip sashimi asal Jepang. Hanya saja bahan utamanya bukan irisan ikan segar, melainkan ikan yang sudah difermentasi.

Sajian ini asalnya dari Provinsi Jeolla, Korea Selatan. Ikan yang digunakan pada sajian hongeo adalah skate, sejenis ikan pari. Ikan pari tersebut difermentasi dalam guci sekitar 10 hari.

Hongeo siap disantap kalau sudah mengeluarkan aroma berbau amonia yang menyengat. Biasanya hongeo disantap dengan gochujjang. Untuk paduannya biasa dimakan bersama minuman keras khas Korea, seperti soju dan makgeolli.

Baca Juga: Baunya Mirip Mayat! 5 Hidangan Ikan di Dunia Ini Punya Aroma Busuk

2. Chamchi Kimbab (Tuna Kimbab)

Seafood khas KoreaSeafood khas Korea Foto: iStock

Kimbab merupakan sajian nasi khas Korea yang sangat populer. Tampilannya mirip sushi khas Jepang, hanya saja kimbab disajikan dengan bahan makanan lengkap.

Biasanya terbuat dari gulungan nasi dan rumput laut kering yang di dalamnya diberikan potongan wortel, acar lobak kuning (danmuji), telur dadar, sosis, hingga irisan daging. Tapi untuk sajian seafood, biasanya ditambahkan ikan tuna kalengan yang dikenal dengan chamchi kimbab.

Chamchi kimbab banyak ditawarkan di gerai makanan. Ada juga yang menawarkannya di minimarket Korea Selatan. Kalau mau buat sendiri pun sangat mudah dengan menggunakan ikan tuna kalengan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Kerang Kampak Bakar Keju di Alam Sutera"
[Gambas:Video 20detik]