Selain Odading Mang Sholeh, Jajanan Bandung Ini Juga Terkenal Enak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 16 Sep 2020 18:00 WIB
Jajanan Bandung selain odading Foto: Instagram kuebalokparikesitbdg

4. Roti bakar

Jajanan Bandung selain odadingJajanan Bandung selain odading Foto: dok. detikFood

Jalan-jalan ke Bandung belum lengkap tanpa jajan roti bakar. Diolah dari roti homemade dan disajikan hangat-hangat, dijamin jadi favorit. Di Bandung ada banyak tempat jajan roti bakar enak.

Misalnya Roti Gempol yang lokasinya ada di area dekat Pasar Gempol. Sudah ada sejak 1958, roti bakar di sini bisa memakai roti gandum atau putih. Untuk isian rasanya ada cokelat, susu, kacang, nanas, dan strawberry.

Selain itu, ada Roti Bakar 234 Gang Kote yang juga banyak jadi favorit. Di sini roti masih dibakar di atas arang. Isiannya ada keju, blueberry, kacang cokelat, dan susu. Lalu ukurannya ada biasa, spesial, dan super.

5. Awug

Jajanan Bandung selain odadingJajanan Bandung selain odading Foto: dok. detikFood

Awug juga tergolong jajanan tradisional Bandung yang masih eksis hingga kini. Bahan utamanya adalah tepung beras dan gula merah. Awug dikukus dalam kukusan bambu berbentuk kerucut. Lalu di atasnya diberi taburan kelapa parut.

Di Bandung bahkan ada wilayah yang terkenal sebagai Kampung Awug. Lokasinya di Kampung Pasirkihiyang RT 4 RW 4, Desa Mekarsari, Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Di sini warganya rutin membuat awug untuk dipasarkan kembali.

Biasanya dalam sehari warga Kampung Awug bisa membuat lima kilo gram adonan awug. Jajanan ini lalu dijual dengan harga bervariasi, tergantung ukuran dan bahan yang digunakan.

Baca Juga: Dari Kampung Pasirkihiyang, Awug Diperkenalkan ke Pelosok Jabar

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Masak Masak: Resep Odading Rumahan ala Chef Martin"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)