Bukti Kalau Ridwan Kamil Pencinta 'Bandros', Camilan Sunda

Dewi Anggraini - detikFood Sabtu, 02 Mar 2019 15:02 WIB
Foto: Instagram ridwankamil Foto: Instagram ridwankamil
Jakarta - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil punya camilan khas Jawa Barat favorit. Camilan itu bertabur gula pasir dan enak dimakan selagi hangat.

Sama seperti warga masyarakat kebanyakan, Ridwan Kamil juga menyukai masakan buatan ibunya. Terlebih salah satu camilan populer khas Jawa Barat buatan sang ibu.

Bukti Kalau Ridwan Kamil Pencinta 'Bandros', Camilan SundaFoto: Instagram ridwankamil

Di beberapa kesempatan, ibunya bahkan sengaja memasak dan membawakan camilan kesukaannya itu langsung ke Gedung Sate. Camilan itu sendiri terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, dan santan.

Baca juga: Sama Enaknya, Bandros yang Manis hingga Combro yang Gurih Pedas

Adonan itu kemudian dimasak dalam cetakan yang mirip seperti cetakan kue pancong. Usai matang, camilan ini diberi taburan gula pasir sehingga rasanya manis gurih. Apalagi kalau bukan bandros!

Bukti Kalau Ridwan Kamil Pencinta 'Bandros', Camilan SundaFoto: Instagram ridwankamil

"Ibunda saya, 80 tahun, jika mampir ke gedung sate mencari anaknya, pasti membawa kue Bandros bikinannya sendiri dari dapur rumah. Enaknya tidak terkira. Kenapa enak? karena dibuatnya dengan penuh cinta dan doa," tulis Ridwan Kamil saat sang ibu berkunjung ke Gedung Sate seraya membawa bandros buatannya.

Tak lupa, pria yang akrab disapa Kang Emil itu menyertakan tagar #bahagiaitusederhana. Dari unggahan pada 23 Januari 2019 itu terlihat kalau bandros buatan wanita bernama Tjutju Sukaesih itu merupakan menu favorit Ridwan Kamil.

Beberapa hari yang lalu, Ridwan Kamil berkunjung ke kediaman ibundanya. Di sana, ia dan ibunya terlihat duduk bersama seraya membaca kitab suci Al-Qur'an.

Bukti Kalau Ridwan Kamil Pencinta 'Bandros', Camilan SundaFoto: Instagram ridwankamil

Saat itu, dihadapan mereka tersaji beberapa camilan dan segelas teh hangat. Ada setoples kerupuk, sekeranjang buah manggis dan sepiring kue bandros.

Sepertinya kue bandros itu dibuat sendiri oleh Tjutju Sukaesih. Jika benar, lagi-lagi Ridwan Kamil melepas rindu dengan bandros buatan sang ibu.

Ini menjadi bukti dari sekian banyak pilihan camilan khas Jawa Barat, suami Atalia Praratya Muda itu justru jatuh hati pada kelezatan bandros. Apalagi bandros buatan ibunya.

Baca juga: Ini Kuliner Tradisional Pilihan Jokowi, Djarot hingga Ridwan Kamil di Akhir Pekan (dwa/odi)