Selain Odading Mang Sholeh, Jajanan Bandung Ini Juga Terkenal Enak

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 16 Sep 2020 18:00 WIB
Jajanan Bandung selain odading Foto: Instagram kuebalokparikesitbdg
Jakarta -

Odading Mang Sholeh di Bandung viral belakangan ini. Sebenarnya selain odading, Bandung punya banyak jajanan enak lainnya. Apa saja ya?

Odading buatan Mang Sholeh di dekat Pasar Kosambi tiba-tiba jadi viral. Hal ini lantaran 'S3 Marketing' yang dilakukan pria bernama Ade Londok. Ia menyebut odading Mang Sholeh rasanya "Seperti Anda jadi Iron Man."

Yang bikin unik, Ade menggunakan nada ngegas untuk mengulas cita rasa jajanan Bandung ini. "Ikan hiu makan tomat, gobl*g kalo lo ga kesini, odading Mang Oleh rasanya anj*ng banget," ujarnya.

Baca Juga: Ini Odading Mang Sholeh yang Viral Berkat Review Pria 'Ngegas'

Sejak saat itulah, odading Mang Sholeh diserbu warga. Bahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sampai mengulasnya. Ia mengunggah foto antrean odading legendaris ini yang mengular.

Faktanya, odading bukanlah satu-satunya jajanan enak di Bandung. Ada banyak camilan manis yang patut dicoba di kota kembang ini. Apa saja ya?

Beirkut 5 jajanan Bandung yang rasanya manis enak:

1. Bandros

Jajanan Bandung selain odadingJajanan Bandung selain odading Foto: Instagram kuebandrosdago

Bandros bentuknya mirip pancong, namun bahan utamanya tepung beras. Lalu dicampur kelapa parut dan santan. Adonan ini lalu dimasak dalam cetakan kue pancong.

Untuk penyajiannya diberi taburan gula pasir di atasnya. Rasa manis gurihnya khas, bikin banyak orang ketagihan. Salah satunya Ridwan Kamil. Ia selalu menantikan bandros buatan sang ibu.

Bandros kini tak hanya hadir dalam varian rasa original, ada juga yang kekinian. Misalnya diberi perasa green tea, keju, cokelat, hingga dibuat seperti tiramisu.

Salah satu tempat terkenal untuk menikmati bandros adalah Bandros 88. Di sini terdapat ragam bandros dengan 36 varian topping manis dan asin. Lokaisnya di Jalan Jupiter Barat No. 65.

Baca Juga: Bukti Kalau Ridwan Kamil Pencinta 'Bandros', Camilan Sunda

2. Surabi

Jajanan Bandung selain odadingJajanan Bandung selain odading Foto: Tastemade

Serabi atau surabi merupakan jajanan populer di Bandung. Yang khas dari serabi Bandung adalah penggunaan topping oncom, namun ada juga yang manis seperti kuah kinca.

Surabi dibuat dengan tepung beras dan telur sebagai bahan utamanya. Teksturnya empuk dan lembut. Salah satu tempat populer untuk menikmati surabi di kota kembang adalah Surabi Cihapit.

Lokasinya ada di Jalan Cihapit No. 36. Surabi oncom paling terkenal di sini. Namun ada juga surabi dengan topping kekinian seperti keju, cokelat, susu, dan pisang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Odading Rumahan ala Chef Martin"
[Gambas:Video 20detik]