Keju di Sini Dibuat dengan Teknik Kuno Sejak 5.000 Tahun Lalu

Devi Setya - detikFood Senin, 14 Sep 2020 16:30 WIB
keju armenia 5000 tahun Foto: motal.am
Jakarta -

Proses pembuatan keju kini sudah banyak mengandalkan alat modern, tapi berbeda di Armenia. Warga desa membuat keju dengan teknik kuno yang dipertahankan sejak 5.000 tahun lalu.

Keju di Armenia terbuat dari bahan baku susu kambing, teknik pengolahannya sederhana dan sudah dilakukan secara turun temurun sejak 5.000 tahun yang lalu. Bisa disimpulkan kalau keju Armenia ini sudah dibuat sejak zaman nenek moyang. Yang membuat keren, cara klasik ini masih diandalkan untuk membuat keju di era modern seperti saat ini.

Keju khas Armenia dikenal dengan sebutan keju motal. Keju ini terbuat dari susu kambing yang diberi campuran rempah khas. Saat ini teknik pengolahan keju motal cara kuno masih dilestarikan oleh warga, salah satunya Ruslan Torosyan. Pria ini dengan setia membuat keju motal secara rutin sekaligus untuk menjaga resep nenek moyangnya.

keju armenia 5000 tahunkeju armenia 5000 tahun Foto: motal.am

Untuk membuat keju motal secara klasik tidaklah mudah karena membutuhkan waktu selama tiga bulan. Prosesnya dimulai dengan mengumpulkan susu kambing yang diperoleh dari peternak lokal, kemudian menyiapkan rennet atau ragi keju yang dibuat sendiri. Setelah itu, keju barulah bisa dicetak dan disimpan dalam pot berbentuk unik.

Torosyan dan keluarganya membuat keju dengan cara klasik ini secara rutin. Kini ia dibantu oleh Slow Food International, sebuah organisasi yang bertujuan untuk melestarikan tradisi makanan kuno di seluruh dunia. Namun sayangnya, keju klasik Armenia ini mengalami kesulitan pemasaran.

Keju motal tidak diterima di pasar Eropa karena tidak memenuhi syarat dan standar keju yang berlaku. Sementara di pasar lokal, keju ini kurang diminati karena harganya terlampau tinggi. Padahal harga tinggi ini dipengaruhi oleh prosesnya yang panjang serta ketersediaannya yang hanya sedikit.

Peminat keju motal ini justru berdatangan dari wisatawan yang datang ke Armenia. Bukan hanya sekedar membeli keju, para wisatawan ini juga tertarik untuk belajar membuat keju dengan cara klasik ini.

keju armenia 5000 tahunkeju armenia 5000 tahun Foto: motal.am

Dilansir dari website resmi motal.am (14/9) keju kambing telah dibuat selama ribuan tahun lalu dan merupakan produk olahan susu yang paling pertama dibuat. Dalam bentuk yang paling sederhana, keju kambing dibuat dengan membiarkan susu mentah mengental secara alami, lalu dikeringkan dan ditekan. Teknik lain yakni menggunakan asam (seperti cuka atau jus lemon) atau rennet untuk mengentalkan susu.

Keju kambing lunak dibuat di dapur di seluruh dunia, cara klasik biasanya dengan menggantung dadih keju menggunakan kain katun tipis selama beberapa hari. Jika ingin membuat keju tua, maka keju lunak ini harus dimasukkan dalam wadah dan disimpan selama beberapa bulan.

Sebenarnya bukan hanya Armenia saja yang masih melestarikan teknik pembuatan keju kuno. Sebuah desa kecil di Inggris memproduksi keju Stilton yang sudah dibuat sejak ratusan tahun lalu. Meskipun terkesan ketinggalan zaman tapi masyarakat ingin tetap menghadirkan keju tradisional yang rasanya autentik.



Simak Video "Bikin Ngiler! Mie Sarden Keju, Cocok untuk Berbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)