Viral Odading Mang Sholeh, Ini 5 Fakta tentang Odading

Riska Fitria - detikFood Senin, 14 Sep 2020 16:00 WIB
Odading Mang Sholeh yang Viral Foto: dok. detikFood / Siti Fatimah

3. Punya Banyak Sebutan

Roti odadingRoti odading Foto: Instagram @cz_singanature

Meski berasal dari Bandung, tetapi odading juga dikenal di beberapa daerah lainnya. Karenanya odading memiliki banyak nama sebutan. Di Bandung sendiri, odading juga dikenal dengan sebutan roti goreng atau roti bantal.

Sementara di Jawa Tengah odading lebih dikenal dengan sebutan roti bolang-baling. Namun, roti bolang-baling di Jawa Tengah ini sering ditaburi biji wijen di lapisan luarnya.

Tak hanya di Jawa saja, di Medan juga ada adonan roti goreng serupa. Di Medan, roti goreng tersebut dikenal dengan sebutan roti bohong. Disebut 'roti bohong' karena memang roti tersebut tidak ada isiannya, hanya polosan saja.

4. Dikenal Sebagai Jajanan SD

Odading Mang Sholeh yang ViralOdading Mang Sholeh yang Viral Foto: dok. detikFood / Siti Fatimah

Banyak orang yang mengenal odading sebagai jajanan masa Sekolah Dasar (SD) pada tahun 90-an. Saat itu banyak penjual yang menjajakan odading di sekolah-sekolah. Saat istirahat maupun pulang sekolah, siswa-siswa pasti tak ketinggalan untuk membelinya.

Namun, semakin berjalannya waktu, eksistensi odading semakin memudar. Bahkan jajanan manis dan empuk ini sudah tak nampak dijajakan di sekolah-sekolah. Kini odading biasanya dijual di warung-warung pinggir jalan berbarengan dijajakan dengan cakwe.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Odading Rumahan ala Chef Martin"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com