5 Fakta Apel Pantai, Tercatat di Buku Rekor Dunia Sebagai Pohon Paling Mematikan

Devi Setya - detikFood Jumat, 11 Sep 2020 11:00 WIB
5 Fakta Apel Pantai, Tercatat di Buku Rekor Dunia Sebagai Pohon Paling Mematikan Foto: Getty Images/iStockphoto/shakzu
Jakarta -

Sebutir apel segar dengan rasa manis pastinya bikin ngiler, tapi beda dengan apel pantai. Buah satu ini punya racun, bahkan tercatat rekor sebagai pohon paling mematikan di dunia.

Sekilas bentuknya mirip apel Malang, bulat dan berwarna hijau muda. Buah ini banyak tumbuh di pesisir pantai, jadi orang-orang mengenalnya dengan sebutan apel pantai. Jika kamu menemukan buah ini, jangan asal makan karena bisa menyebabkan kematian.

Ya, apel pantai yang punya nama latin Hippomane mancinella ini berasal dari pohon manchineel. Bukan hanya buahnya, seluruh bagian dari pohon ini mengandung racun berbahaya. Buku rekor dunia bahkan mencatat tanaman ini sebagai pohon paling mematikan di dunia.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut fakta seputar pohon apel pantai yang mematikan.

1. Pertama ditemukan pada 1999

5 Fakta Apel Pantai, Tercatat di Buku Rekor Dunia Sebagai Pohon Paling Mematikan5 Fakta Apel Pantai, Tercatat di Buku Rekor Dunia Sebagai Pohon Paling Mematikan Foto: Getty Images/iStockphoto/shakzu


Pohon apel pantai pertama kali ditemukan pada tahun 1999 di Kepulauan Karibia. Sekelompok ahli radiologi, salah satunya bernama Nicola Strickland sedang melakukan penelitian di pantai Karibia. Strickland dan teman-temannya menemukan berbagai buah di pantai termasuk mangga dan kelapa pantai.

Mereka juga menemukan pohon dengan buah lebat yang bentuknya mirip apel. Buah ini memiliki aroma manis, tanpa pikir panjang akhirnya para peneliti ini memetik beberapa buah apel pantai lalu melahapnya. Buah ini disebut punya rasa manis dan segar.

Namun sensasi manis segar ini langsung berubah menjadi rasa tersiksa. Buah apel yang mereka makan membuat mulut dan tenggorokan sakit bukan main. Sensasi rasanya seperti terbakar, sulit menelan dan sesak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Sensasi Rasa Durian Madu Racun Bikin Ketagihan"
[Gambas:Video 20detik]