Diet Makro Jadi Populer Berkat Hilary Duff, Seperti Apa Pola Dietnya?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 08 Sep 2020 07:00 WIB
Diet makro Foto: Getty Images/miodrag ignjatovic
Jakarta -

Diet makro jadi sorotan usai Hilary Duff berhasil rasakan manfaatnya. Fokus diet ini ada pada pembatasan asupan kalori dan komposisi asupan zat gizi yang tepat.

Kebanyakan pola diet mengharuskan pelakunya membatasi asupan makanan. Ada jenis makanan yang biasanya tak lagi bisa dikonsumsi. Tapi pada diet makro, prinsipnya agak berbeda. Diet ini membuat pelakunya bisa makan apa saja, asal memenuhi perhitungan kalori.

Selebriti Hilary Duff adalah salah satu pelaku diet makro yang sudah merasakan manfaatnya. Lewat Instagram, aktris 32 tahun ini mengatakan tubuhnya tetap langsing meski ia tetap makan roti, cokelat, dan minum wine.

Foto Hilary Duff ini bahkan sudah mendapat lebih dari 1 juta likes. Banyak orang jadi penasaran dengan diet makro. Seperti apa definisi, pola makan, dan aturannya?

Berikut serba-serbi diet makro yang dirangkum detikFood dari South China Morning Post (7/9):

1. Apa itu diet makro?

Diet makroDiet makro Foto: Getty Images/miodrag ignjatovic

Kata makro pada diet ini merujuk pada "zat gizi makro". Berupa tiga zat gizi utama yang diperlukan tubuh yaitu karbohidrat, lemak, dan protein. Die makro mengharuskan pelakunya menghitung gram demi gram zat gizi makro yang dikonsumsi setiap hari, dan disertai komposisi/rasio yang tepat.

Kebanyakan komunitas pendukung diet ini mengikuti pendekatan If It Fits Your Macros (IIFYM). Konsepnya, semua makanan bisa dinikmati asalkan tidak melebihi batas asupan zat gizi makro harian.

Ahli gizi Tiffany Breeding mengatakan penghitungan zat gizi makro pada diet ini adalah soal memaksimalkan metabolisme tubuh. "Semakin kita tua, semakin banyak perubahan pola makan yang dijalani. Ini memicu gangguan pada fungsi metabolisme tubuh. Dengan menghitung zat gizi makro, kita mencoba 'segarkan' kembali metabolisme dengan mengonsumsi makanan yang tepat dalam jumlah yang tepat pula," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Review Jajanan UMKM Bandung"
[Gambas:Video 20detik]