Gokil! Wanita Ini Punya Koleksi Makanan Plastik Terbanyak di Dunia

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 04 Sep 2020 13:00 WIB
Koleksi Makanan Plastik Terbanyak di Dunia Foto: Guinness Records/Tofu
Jakarta -

Punya hobi mengumpulkan berbagai jenis makanan plastik. Wanita asal Jepang ini berhasil pecahkan rekor dunia dengan koleksi makanan plastik terbanyak di dunia.

Setelah kolektor Coca-Cola hingga Milo, kini muncul kolektor makanan terbaru yang tercatat dalam buku rekor dunia atau Guinness Records. Bukannya produk makanan asli, wanita yang satu paling hobi koleksi makanan plastik.

Baca Juga: Lucunya, Replika Makanan Enak di Jepang Bisa Dibeli Lewat Vending Machine

Koleksi Makanan Plastik Terbanyak di DuniaKoleksi Makanan Plastik Terbanyak di Dunia Foto: Guinness Records/Tofu

Dikutip dari Oddity Central (04/09), wanita bernama Akiko Obata ini sudah tertarik koleksi makanan plastik dari kecil. Tapi ia baru mulai mengumpulkan koleksinya sejak 15 tahun yang lalu. Berbagai jenis makanan plastik ia kumpulkan hingga koleksi makanan plastiknya sampai 8,000 buah.

Di Jepang sendiri, makanan plastik ini lebih dikenal dengan nama Sampuru. Sampuru merupakan tiruan makanan dibuat dari plastik yang mirip dengan aslinya. Makanan ini digunakan restoran sebagai contoh atau dummy tampilan menu makanan mereka.

Banyak restoran di Jepang yang menggunakan sampuru untuk menarik perhatian pengunjung. Desain Sampuru juga tidak sembarangan, setiap makanan plastik dibuat dengan detail yang akurat hingga tampilannya mirip seperti makanan asli.

Koleksi Makanan Plastik Terbanyak di DuniaKoleksi Makanan Plastik Terbanyak di Dunia Foto: Guinness Records/Tofu

Dari sanalah banyak orang yang tertarik untuk mengoleksi sampuru, termasuk Akiko. Semua kerja kerasnya mengkoleksi makanan plastik ini membuahkan hasil. Di tahun 2015 lalu Akiko memecahkan rekor sebagai kolektor makanan plastik terbanyak di dunia. Namanya dicatat di dalam Guinness Records.

Akiko mengaku bahwa dia sudah jatuh cinta dengan makanan plastik sejak 30 tahun yang lalu. Awalnya sang kakak membawakan beberapa sampuru dari restoran tempatnya bekerja.

Karena bentuknya yang sangat mirip dengan makanan asli, membuat Akiko langsung jatuh cinta dan tertarik menyimpannya.

Koleksi Makanan Plastik Terbanyak di DuniaKoleksi Makanan Plastik Terbanyak di Dunia Foto: Guinness Records/Tofu

Akiko yang tinggal di Prefektur Chiba, ternyata paling suka mengoleksi makanan plastik berupa dessert dan makanan manis lainnya. Selain itu ia juga memiliki Sampuru berupa burger, pizza, spaghetti, steak, es krim hingga makanan tradisional Jepang seperti sushi.

"Makanan plastik ini memang bukan makanan asli. Tapi saya sangat menghormati setiap proses dari pembuatan makanan plastik ini yang membuat tampilannya mirip seperti asli,." jelas Akiko.

Kini hampir semua bagian di rumah Akiko dipenuhi oleh berbagai jenis makanan plastik. Kebanyakan koleksinya berupa piring dengan makanan, tapi ada juga makanan plastik yang berbentuk gantungan kunci.

Baca Juga: 5 Fakta Bisnis Replika Makanan yang Bernilai 1,2 T di Jepang



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)