Bikin Laper! Pindang Bandeng dan Ayam Bakep Semarang Bikin Kalap Makan

Devi Setya - detikFood Jumat, 04 Sep 2020 08:30 WIB
Bikin Laper! Pindang Bandeng dan Ayam Bakep Semarang Bikin Kalap Makan Foto: bikin laper Trans TV
Jakarta -

Kuliner khas Semarang memang tak ada matinya. Anwar dan Gilang dibikin geleng kepala karena kalap melahap pindang bandeng dan ayam bakep yang bikin perut kenyang.

Uy.. uy.. uy.. kali ini tim Bikin Laper mencoba kulineran di kawasan Senayan, tepatnya di restkran Tjap Semarang yang tentunya menghadirkan menu makanan spesial asli Semarang. Lidah Anwar dan Gilang dimanjakan dengan lezatnya pindang bandeng, ayam bakep dan gurame sambal matah.

Menu pertama yang menggoda selera Anwar dan juga Gilang adalah semangkuk pindang bandeng. Kuah pindang yang bening kekuningan ini bikin keduanya langsung melahap habis.

Bikin Laper! Pindang Bandeng dan Ayam Bakep Semarang Bikin Kalap MakanBikin Laper! Pindang Bandeng dan Ayam Bakep Semarang Bikin Kalap Makan Foto: bikin laper Trans TV

Kuah pindang dimasak dengan berbagai bumbu yang sengaja dibiarkan utuh. Ada bawang merah, bawang putih dan irisan cabai berlimpah. "Seger banget kuahnya, rasanya ini manis gurih sedikit asam karena kita kasih jeruk nipis tadi. Pedesnya juga dapet dari cabe-cabe muantap," ujar Anwar. Tak hanya kuahnya, daging ikan bandeng yang lembut tanpa duri juga bikin host Bikin Laper ini ogah berhenti makan.

Menu selanjutnya ada Ayam Bakep. Olahan unik ayam kampung ini dimasak dengan teknik khusus yakni diungkep lalu dipanggang dalam oven. Proses masak yang bertahap membuat ayam empuk dan mudah dicungkil bagian dagingnya.

Seekor ayam utuh jadi rebutan Anwar dan Gilang. Keduanya melahap dengan tambahan nasi putih serta sambal yang rasanya bikin ayam bakep ini makin spesial.

Terakhir, ada juga menu Gurame Sambal Matah. Ikan gurame segar digoreng garing lalu disajikan dengan guyuran sambal matah yang berlimpah. Irisan cabai, bawang, tomat, serai dan kucuran minyak kelapa bikin menu satu ini sulit ditolak. Apalagi sambal matahnya disajikan berlimpah memenuhi bagian daging ikan.

Bikin Laper! Pindang Bandeng dan Ayam Bakep Semarang Bikin Kalap MakanBikin Laper! Pindang Bandeng dan Ayam Bakep Semarang Bikin Kalap Makan Foto: bikin laper Trans TV

Puas makan, Anwar dan Gilang mengaku kenyang sekaligus merasa senang. Penasaran dengan aksi makan para petualang kuliner di Bikin Laper?

Jangan lupa saksikan program Bikin Laper yang tayang setiap hari pukul 17.00 WIB hanya di Trans TV.



Simak Video "Bikin Laper: Referensi Cake Cantik Warna-warni di Bekasi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com