Meski Buta, 5 Penjual Makanan Ini Semangat Jualan Demi Bertahan Hidup

Devi Setya - detikFood Kamis, 03 Sep 2020 17:00 WIB
Meski Buta, 5 Penjual Makanan Ini Semangat Jualan Demi Bertahan Hidup Foto: youtube
Jakarta -

Keterbatasan fisik tak membuat para tunanetra ini menyerah. Ada banyak penjual makanan yang tetap berdagang demi bertahan hidup, meskipun sulit dijalani karena keadaan mata yang buta.

Kita pasti pernah menjumpai satu atau dua penjual makanan dengan keterbatasan fisik. Jangan ragu untuk melarisi makanannya karena para penjual makanan ini rela berkeliling demi menjual dagangan. Tak sedikit bahkan yang harus keliling tanpa penglihatan sama sekali alias buta.

Layaknya orang normal, para pedagang ini tetap berkeliling menjual makanan. Tak sedikit yang harus mengalami kendala sulitnya medan jalan yang harus ditempuh tanpa melihat jalur yang dilalui. Bahkan ada juga yang harus menelan kerugian karena dagangannya dicuri orang tak bertanggung jawab.

Berikut beberapa kisah dari penjual makanan buta yang tetap semangat berjualan meskipun tanpa bisa melihat.

1. Penjual ikan asin

Meski Buta, 5 Penjual Makanan Ini Semangat Jualan Demi Bertahan HidupMeski Buta, 5 Penjual Makanan Ini Semangat Jualan Demi Bertahan Hidup Foto: ilustrasi Istock


Berlokasi Samarinda, Kalimantan Timur, ada penjual ikan asin yang setiap hari berjualan melawan panas terik matahari. Wanita bernama Misdah ini setiap hari berjualan ikan asin di pinggir jalan, matanya buta sejak lahir.

Misdah setiap pagi berjalan dari rumahnya ke tempat ia biasa menggelar dagangan. Tanpa penglihatan, tentu saja Misdah agak kesulitan melangkahkan kaki. Akhirnya, ia pun ditemani anaknya yang masih berusia 5 tahun.

Bocah kecil ini setiap hari menggandeng tangan ibunya untuk menyusuri jalan. Bocah perempuan ini juga sembari menjaga sang ibu kalau-kalau ada lubang atau ada benda yang menghalangi langkah ibunya. Ketika ada pembeli datang, bocah ini juga yang akan memberi tahu sang ibu sekaligus membantu membungkus ikan asin pesanan pembeli.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Chinese Food yang Pedas Nikmat di Long Feng Tang"
[Gambas:Video 20detik]


Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com