Keren! Pria Tuna Netra Ini Jadi Peserta Celebrity MasterChef

Devi Setya - detikFood Senin, 06 Jul 2020 06:00 WIB
masterchef tuna netra Foto: istimewa/The Daily Mail
Jakarta -

Seorang presenter tuna netra menjadi peserta Celebrity MasterChef. Ia harus bekerja ekstra menyajikan makanan yang diraciknya tanpa mengandalkan mata hanya penciuman saja.

Dikabarkan The Daily Mail (5/7) seorang presenter acara traveling bernama Amar Latif mendapat kesempatan untuk beradu bakat memasak dalam acara Celebrity MasterChef. Yang membuatnya spesial Amar seorang tuna netra. Ia harus berusaha keras mengolah makanan tanpa melihat bahan dan bumbu yang ia gunakan.

Amar akan berkontribusi sebagai peserta tuna netra yang ikut kompetisi seri masak All Star BBC. Karena matanya tidak berfungsi sebagai indera penglihat maka Amar memaksimalkan indra pendengaran, peraba dan penciumannya saat masak.

masterchef tuna netramasterchef tuna netra Foto: istimewa/The Daily Mail

Baca juga : Keren! Pemenang MasterChef Tunanetra Ini Buka Restoran Sendiri

Amar kehilangan penglihatannya pada usia 18 tahun, dan sejak saat itu ia mengaku tak pernah memasak. "Saya terus bertanya pada diri sendiri apa yang telah saya lakukan saat mendaftar acara ini. Aku tidak terlalu sering memasak dan para juri bahkan tidak akan memberikan saya waktu tambahan. Kompetisi ini agak keras," kata Amar.

Ini adalah kedua kalinya BBC mendekati Amar, untuk ambil bagian dalam kompetisi. Tahun lalu teman-teman meyakinkan Amar untuk menolak tawaran BBC karena mereka khawatir tantangan itu terlalu besar dan menyulitkan Amar. Tapi tahun ini, pria berusia 45 tahun ini bersedia menerima tawaran untuk ikut kompetisi masak bergengsi.

"Mereka (pihak BBC) kembali tahun ini dan mereka lebih gigih mengajak saya. Mereka bahkan menanyakan segala hal yang saya butuhkan agar saya bisa ikut berkompetisi," kata Amar.

Pemirsa Celebrity Masterchef minggu depan akan melihat aksi Amar, pria Skotlandia yang telah menjelajahi dunia dalam keadaan tuna netra. Tentu saja aksi masak Amar akan berbeda dengan peserta biasa, beberapa alat masak juga disesuaikan dengan kebutuhan Amar.

Amar akan dibantu timbangan yang bisa mengeluarkan suara, sendok pengukur khusus serta alat masak yang berbeda dengan biasanya. Amar akan beradu masak dengan pemain sepak bola John Barnes serta presenter TV Gethin Jones. Meskipun lawannya bukanlah difabel, Amar yakin bisa menyajikan hidangan terbaik.

Pria yang hobi traveling ini dengan tegas bisa mengandalkan indra dalam tubuhnya, ia bisa mencium aroma, mendengar suara dan mencecap rasa makanan. Menurutnya indra ini bisa sangat membantu, meskipun ia tak bisa mengandalkan indra penglihatannya.

masterchef tuna netramasterchef tuna netra Foto: istimewa/The Daily Mail

"Misalnya suara bawang bombay ditumis, saat sudah terlalu matang maka aromanya akan kurang sedap. Atau saat masak daging domba, saya akan menyentuhnya untuk merasakan tekstur. Saya hanya perlu mencicipi masakan berulang kali. Saya akan tahu makanan kurang garam atau kurang mentega dan lainnya. Empat indra saya lebih kuat daripada orang yang bisa melihat," beber Amar penuh percaya diri.

Baca juga : Inspiratif! Restoran Ini Sediakan Menu Braille untuk Pelanggan Tuna Netra

Sebelum menuju dapur kompetisi, Amar diberi waktu sekitar dua minggu untuk menyiapkan diri. Amar bahkan meminta bantuan teman-temannya untuk menceritakan bagaimana tatanan piring saji di restoran agar ia bisa menggambarkannya.

Terlepas dari persiapannya, ia memohon tuan rumah MasterChef, Gregg Wallace dan John Torode untuk berbaik hati pada dirinya. Ia mengatakan pada mereka," Saya ingin Anda mencicipinya sebelum Anda melihat penampilannya, jadi jika Anda perlu memejamkan mata, silakan lakukan," pungkasnya.



Simak Video "Juri MasterChef Inggris Diprotes Netizen Gara-gara Kritik Rendang Ayam"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)