ADVERTISEMENT

5 Makanan Ini Jadi Bekal Para Mumi di Kehidupan Selanjutnya

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 01 Sep 2020 19:30 WIB
Painted ancient coffins are seen at Al-Asasif necropolis, unveiled by Egyptian antiquities officials in the Valley of the Kings in Luxor, Egypt October 19, 2019. REUTERS/Mohamed Abd El Ghany
Foto: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany

4. Aneka Daging Unggas

Mumi TutankhamunMakam Kuno di Mesir Foto: Fiffith Institute, University of Oxford, colourised by Dynamichrome

Makanan-makanan yang ditemukan di dalam makam kuno hampir semuanya memiliki alasan yang sama. Yaitu sebagai bekal untuk melanjutkan kehidupan baru di kehidupan selanjutnya.

Di dalam makam kuno Yuya dan Tuyu yang dikenal sebagai buyut dari Raja Tut di Mesir. Para arkeolog menemukan adanya 17 kotak kayu berisi aneka makanan. Ketika dibuka isinya ternyata daging-daging unggas yang sudah diawetkan.

Ada dua bebek, beberapa burung kecil, burung merpati dan masih banyak lagi. Yuya dan Tuyu percaya bahwa dengan dikuburnya makanan-makanan ini, mereka bisa menikmatinya di kehidupan selanjutnya.


5. Kaki Kambing

mengolah kaki kambingKaki Kambing. Foto: iStock

Dulu daging dianggap sebagai makanan mewah yang harganya mahal. Aneka daging ini hanya mampu dimakan oleh para bangsawan dan orang-orang kaya. Sehingga ketika mereka meninggal dunia, bekal makanannya pun disesuaikan dengan seleran mereka.

Ada beberapa penemuan bekal daging dari makam kuno yang dikubur bersama mumi di Mesir. Seperti penemuan kaki kambing yang diawetkan dan dibalut seperti mumi.

Di dalam kaki kambing itu tidak ditemukan zat tertentu untuk mengawetkannya. Orang Mesir hanya menggunakan sisa lemak hewan yang diolesi ke permukaan daging agar awet.

Baca Juga: Keju Tertua Telah Ditemukan di Dalam Peti Mati Mumi di China



Simak Video "Viral Bakso Jumbo dengan Kuah Rawon yang Hitam"
[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT