ADVERTISEMENT

5 Makanan Ini Jadi Bekal Para Mumi di Kehidupan Selanjutnya

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 01 Sep 2020 19:30 WIB
Painted ancient coffins are seen at Al-Asasif necropolis, unveiled by Egyptian antiquities officials in the Valley of the Kings in Luxor, Egypt October 19, 2019. REUTERS/Mohamed Abd El Ghany
Foto: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany

2. Buah hingga Madu

Mumi TutankhamunMakam Mumi Kuno Foto: Griffith Institute, University of Oxford, colourised by Dynamichrome


Raja Tutankhamun terkenal setelah makamnya ditemukan pada tahun 1922 di Mesir. Raja yang terkenal dengan kekayaannya ini meninggal di usia muda yaitu 19 tahun. Di dalam makam berisi mumi dari penguasa Mesir kuno ini terdapat banyak barang mewah.

Selain itu ada puluhan makanan yang ikut diawetkan. Mulai dari gandum, roti, kurma, melon hingga anggur. Karena Raja Tut suka makanan manis, makan ini juga diisi dengan cairan yang miri seperti madu.

"Setelah menjadi mumi, orang Mesir kuno percaya bahwa mumi itu akan berubah menjadi Dewa," jelas Salima Ikram, ahli sejarah Mesir di Kairo.


3. Iga Sapi

Mumi TutankhamunPersediaan Makanan di Makam Mumi Raja Tut. Foto: Griffith Institute, University of Oxford, colourised by Dynamichrome

Pada tahun 1922 ketika makam Raja Tut pertama kali ditemukan, hampir semua penjuru dunia menyorotnya. Di dalam sana arkeolog Howard Carter 48 wadah kayu yang berisi aneka daging.

Salah satunya ada daging iga sapi yang dililit dengan kain dan sebelumnya sudah diawetkan. Cukup sulit untuk membuat daging bisa bertahan selama ribuan tahun. Ketika diteliti daging iga sapi ini mengandung garam.

Meski sudah berusia lebih dari 3,000 tahun yang lalu tapi tekstur daging iga sapinya masih terlihat. Karena orang Mesir dulu mengawetkan daging dengan cara dijemur selama beberapa minggu, lalu ditambah garam agar awet.



Simak Video "Viral Bakso Jumbo dengan Kuah Rawon yang Hitam"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT