3 Menu Kopi Populer Ini Mudah Diracik Sendiri

Odilia WS - detikFood Rabu, 02 Sep 2020 07:00 WIB
Racikan Kopi Populer Foto: iStock
Jakarta -

Ingin menikmati kopi hangat ala kafe saat sarapan? Kamu bisa meracik sendiri kopi favoritmu. Mau cappuccino, latte atau mocha? Begini cara meraciknya.

Kedai kopi dan kafe semakin banyak bermunculan hingga ke kawasan permukiman. Tetapi menikmati kopi buatan sendiri saat sarapan memneri kepuasan yang berbeda. Apalagi untuk meraciknya tidak diperlukan alat yang canggih dan mahal. Kapanpun kamu mau, bisa meracik sendiri.

Untuk meracik kopi di rumah tentunya kamu perlu membeli kopi yang berkualitas. Jenis kopi Arabica single origin dari berbagai daerah di Indonesia dijual di banyak kafe. Tinggal pilih yang sesuai selera, dan sebagai pedoman perhatikan Tasting Notenya.

Belilah biji kopi yang baru disangrai dalam jumlah untuk beberapa kali seduh. Karena jika terlalu lama disimpan aroma dan rasanya akan berkurang. Selalu simpan dalam wadah kedap udara dan giling dengan gilingan manual atau listrik sebanyak yang akan diseduh.

Sedangkan untuk susu, pilih susu segar full cream yang berkualitas bagus. Susu segar ini akan mudah membentuk buih halus dan creamy rasanya. Susu non fat biasanya tidak membentuk buih susu yang banyak. Susu segar ini mempengaruhi kualitas minuman kopi yang diracik.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 3 menu minuman kopi populer di kafe yang bisa diracik sendiri di rumah. Ngopi yuk!

Racikan Kopi PopulerRacikan Kopi Populer Foto: iStock

1. Cafe Latte

Cafe latte merupakan minuman kopi paling populer di dunia. Komposisinya terdiri dari 1 shot (45ml) espresso, susu hangat dan busa/buih susu. Meskipun sederhana tetapi kualitas espresso sangat menentukan rasanya.

Untuk membuat espresso yang enak paling baik memakai mesin espresso. Karena kopi diesktrak dengan uap panas. Kini banyak dijual mesin espresso portable yang mudah dioperasikan di rumah. Yang tak kalah penting biji kopi sebaiknya pilih yang terbaik.

Sedangkan untuk susu sebaiknya gunakan susu fullcream atau full fat. Susu hangat atau steamed milk bisa dibuat dengan memasak susu hingga hampir mendidih. Dengan hand blender tau kocokan kawat, kocok sebentar hingga berbuih.

Sedangkan untuk membuat busa susu, susu yang dipanaskan bisa dikocok dengan kocokan manual (whisk) atau kocok elektronik hingga sedikit mengembang dan busanya naik.

Siapkan mug, tuangkan espresso kemudian susu hangat yang sudah dikocok sebentar dan terakhir busa susu atau milk foam. Jika mau ukuran yang pasti, gunakan 60 ml espresso, 300 ml susu hangat dan 2 ml busa susu. Kopi ini creamy ringan cocok buat mereka yang tak suka rasa kopi yang pekat.

Racikan Kopi PopulerRacikan Kopi Populer Foto: iStock


2. Cappuccino

Meskipun tanpa mesin espresso, kamu bisa meracik cappuccino yang enak. Pertama pilih jenis kopi Arabica yang baik kualitasnya. Dengan grinder manual atau elektrik yang kecil, giling biji kopi.

Selanjutnya buat air kopi dengan 2 sdm penuh kopi bubuk yang baru digiling dengan 250 ml air. Gunakan coffee maker yang ada di rumah. Sementara menunggu kopi diseduh, buat steamed milk atau susu hangat.

Panaskan susu dalam panci hingga berbuih halus permukaannya tetapi belum mendidih. Matikan api dan kocok dengan hand blender atau kocokan kawat (whisk) hingga permukaan susu berbuih halus.

Tuangkan espresso dalam mug/cangkir kemudian tuangkan susu hangat yang sudha dikocok dengan jumlah yang sama. Terakhir angkat buih halus dari susu yang dikocok, taruh di permukaan mug/cangkir, taburi cokelat bubuk jika suka.

Racikan Kopi PopulerRacikan Kopi Populer Foto: iStock

3. Mocha

Nama mocha konon diambil dari nama kota Mocha di Yaman. Tetapi dari namanya, racikan kopi ini merupakan paduan cokelat dan latte. Bahan utamanya cokelat, kopi dan susu. Sebaiknya pakai cokelat dan kopi berkualitas.

Untuk meracik minuman dengan paduan cokelat dan kopi ini tidak ada aturan bakunya. Pertama, siapkan mug lalu tuangkan sirop cokelat, jumlahnya sesuai selera atau sekitar 2 sendok makan.

Selanjutnya tuangkan 1 shot (45 ml) espresso, dan tuangkan susu hangat. Jika suka creamy bisa ditambahkan lebih banyak susu hangat. Komposisi ketiga bahan, kopi, cokelat dan susu tergantung dengan selera rasa yang kamu inginkan.



Simak Video "Kopi Trip: Ngopi sambil Edukasi di Alam Terbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com