5 Cara Manfaatkan Sisa Seduhan Air Kopi

Odilia WS - detikFood Sabtu, 16 Mei 2020 03:00 WIB
Kedai kopi yang buka pagi hari Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Punya air kopi yang sudah diseduh dan bersisa banyak? Jangan keburu dibuang, manfaatkan air kopi untuk beberapa sajian enak ini.

Selain kopi bubuk instan banyak orang masih menyukai menyeduh kopi tubruk atau membuat espresso dengan mesin atau manual. Seringkali air kopi kental yang diseduh tak habis diminum sekaligus. Lalu bagaimana dengan sisa air kopi ini?

Jangan keburu dibuang mengingat kopi juga tak murah harganya. Apalagi kopi punya aroma dan rasa yang enak. Selain itu kopi juga mengandung kafein dan sejumlah mineral penting yang diperlukan tubuh. Beberapa makanan dan minuman ini jadi lebih enak dengan tambahan air kopi.

-Manfaatkan sisa air kopi. Foto: Istimewa



1. Bekukan

Ini cara yang paling mudah dan praktis. Air kopi beku akan punya rasa dan aroma yang sama seperti saat diseduh. Lebih tahan lama dan bisa dimanfaatkan untuk membuat Kohi-kohi, es kopi ala Jepang.

Tuangkan air kopi dalam cetakan es batu, kemudian simpan dalam freezer hingga beku. Untuk membuat es kopi, keluarkan kopi beku dari cetakan es batu, taruh dalam gelas, beri susu cair dan air gula. Aduk dan biarkan kopi meleleh menyatu dengan susu. Nikmati dingin.

2. Dalgona Coffee

Dalgona coffee yang sedang tren bisa kamu bikin dari sisa air kopi. Cukup rebus air kopi dengan sedikit gula, sesuaikan jumlah air kopi dan gula, dengan rasio 3: 1. Cara membuatnya mudah. Rebus sisa air kopi hingga susut kental.

Selanjutnya tambahkan gula, kocok dengan mikser atau kocokan kawat hingga mengembang. Taruh es batu dalam gelas, beri susu cair hingga 3/4 bagian, taruh kopi kocok di atasnya dan nikmati dingin.

Kopi dalgonaKopi dalgona Foto: Stockphoto/Jennifer Gauld



3. Tambahkan ke smoothies

Smoothies buah segar dengan paduan yogurt tawar atau susu enak dinikmati dingin untuk sarapan atau sahur. Sajian smoothies ini bisa makin enak dengan tambahan air kopi.

Kamu bisa memanfaatkan air kopi yang dibekukan dalam cetakan es batu untuk smoothies. Campurkan dengan pisang dan yoghurt serta madu. Smoothies pisang jadi enak rasanya.

4. Tambahkan ke saus salad

Air kopi juga punya jejak rasa asam fruity yang enak. Citarasa ini cocok jadi paduan saus salad yang berbasis minyak atau yang dikenal dengan nama vinaigrette.

Untuk membuat saus salad ini, campurkan olive oil dengan air kopi pekat dengan perbandingan 3:1 lalu tambahkan bawang putih parut, mustard pasta, lada dan garam. Aduk hingga tercampur rata. Saus siap dipadukan dengan green salad sesuai selera.

perbedaan vinaigrette dan salad dressingSalad dressing Foto: Getty Images



5. Campuran minuman

Air kopi kental atau espresso bisa dijadikan campuran minuman dingin. aroma dan rasa fruity kopi memberi aksen yang enak pada minuman.

Campurkan 120 ml air kopi dengan sirop gula, air jeruk nipis dan air soda tawar lalu tambahkan es batu. Aduk rata hingga dingin dan langsung bisa dinikmati.

6. Bumbu perendam daging

Banyak racikan bumbu dipakai untuk menambah rasa dan mengempukkan daging sapi. kamu bisa memanfaatkan sisa air kopi untuk marinasi. Rebus sisa air kopi hingga susut 1/3 bagian lalu dinginkan.

Campurkan air kopi ini dengan saus worcestershire dengan bawang putih cincang halus, rosemary, lada dan sedikit minyak sayur. Aduk daging dengan bumbu ini dan diamkan selama 1 jam sebelum dimasak.

7. Siraman tanaman

Mungkin kamu sudah pernah dengar jika ampas kopi bisa menyuburkan tanaman. Ternyata air kopi juga punya manfaat yang sama. Caranya cukup campurkan air ke dalam sisa air kopi dengan rasio 1/4 bagian air kopi dan 3/4 bagian air lalu siramkan ke tanaman.

Cairan kopi mengandung kafein dan nitrogen yang bisa membuat tanaman kuat dan batangnya sehat. Kopi juga mengandung magnesium dan kalsium yang jadi nutrisi tanaman. Penyiraman bisa dilakukan sekali atau dua kali seminggu.



Simak Video "Menjajal Kedai Kopi Milik Anak Ahok yang Indonesia Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)