Roti Manis Kekinian

5 Tempat Kursus Baking Online Buat Pelajari Bikin Roti

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 29 Agu 2020 13:00 WIB
Kegiatan membuat kue dan roti (baking) Foto: Getty Images/AnVr
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian
Jakarta -

Kursus baking kini semakin diminati. Di tengah pandemi COVID-19, kamu tetap bisa belajar baking lewat kursus online berikut.

Banyak orang mengisi waktu di rumah saja selama pandemi COVID-19 dengan mempelajari hal baru. Salah satunya baking atau membuat roti dan kue. Cara termudah tentu saja mencontek resep di internet atau melihat video resep di YouTube.

Tapi bagi yang mau serius menekuni dunia baking, ada beberapa tempat kursus yang membuka kelas. Karena masih di tengah pandemi, kursus ini digelar online melalui video streaming atau conference.

Tertarik ikut? Berikut 5 tempat kursus baking online yang menawarkan materi bikin roti hingga kue:

1. Ragi

Kursus baking onlineKursus baking online Foto: Instagram ragi.co.id

Berbasis di Bandung, Ragi membuka kursus baking online di bawah arahan chef pastry Yohanes Adhijaya. Ia bekerja sama dengan 3 chef lain yang akan bergantian mengisi materi kursus.

Peserta bisa memilih berbagai kelas yang disediakan secara rutin. Misalnya pada Agustus ada kelas membuat roti babka, bombolone, dan sourdough pizza. Harga untuk tiap kali ikut kursus Rp 1 juta, sudah termasuk resep, konsultasi gratis dengan chef, dan video.

2. Risa Andithia

Kursus baking onlineKursus baking online Foto: Instagram risaandithia

Melalui Instagram pribadinya, instruktur baking Risa Andithia menawarkan kursus baking online secara berkala. Salah satu materi yang pernah ia ajarkan adalah membuat roti kapulaga Swedia.

Ia membagikan dua teknik yaitu sourdough dan semi sourdough. Terbaru, Risa membuka kelas Vineto Tiramisu yang berlangsung pada 30 Agustus 2020 via Zoom. Peserta dibatasi sekitar 100 saja.

3. Sweet Troops

Kursus baking onlineKursus baking online Foto: Instagram sweettroops_bakingstudio

Sweet Troops merupakan baking studio yang terkenal dengan kreasi garlic cream cheese bread-nya. Dikelola chef Livianca Venaessa, Sweet Troops juga membuka kursus online.

Materi yang diminati adalah membuat garlic cream cheese bread. Livi punya trik membuat roti yang mengembang dan kokoh, tapi tidak keras dan meracik cream cheese serta garlic butter sauce yang rasa gurihnya pas. Harga kursus online di sini mulai dari Rp 1 juta.

Baca Juga: Baker Muda Ini Sukses Jual 400 Korean Garlic Cheese Bread Tiap Hari

4. Yongki Gunawan

Kursus baking onlineKursus baking online Foto: Instagram yongki_gunawan_kue

Yongki Gunawan adalah sosok pastry dan bakery chef senior Indonesia yang menguasai berbagai teknik membuat pastry, roti, cake, hingga dessert. Ilmunya lalu dibagikan lewat kesempatan kursus baking online.

Salah satu yang pernah dibuat chef Yongki adalah roti bluder. Peserta melalui Zoom bisa belajar banyak soal roti jadul ini. Ada yang original hingga isi durian, cokelat, dan keju manis. Harga kursus online di chef Yongki sekitar Rp 350 ribu per kelas. Materinya beragam dan berbeda setiap waktu seperti puding lumut, phia Thailand, sampai nastar Taiwan yang tersohor. Informasinya bisa langsung dilihat di Instagram yongki_gunawan_kue.

5. Breadpreneur

Kursus baking onlineKursus baking online Foto: Instagram kursus_online_roti_pastry

Kursus baking online juga bisa melalui Breadpreneur yang dipandu chef Iqbal. Ia menawarkan banyak materi seperti membuat coffee bread, puff pastry, roti gulung abon, dan donat premium.

Ada juga pilihan materi lain seperti membuat burger, mie ayam pelangi, pizza mozzarella, dan martabak manis. Informasi terkait jadwal dan harga kelas bisa langsung menghubungi WhatsApp yang tertera di akun Instagramnya.

Baca Juga: Japanese Milk Bun Ngetren, Baker Ini Banjir Pesanan Sampai PO 2 Minggu!



Simak Video "Manis Legit Lapis India Khas Banjarmasin"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian