Roti Manis Kekinian

Yohanes Adhijaya, Baker Muda dari Bandung yang Jago Bikin Ragi Alami

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 28 Agu 2020 13:30 WIB
Yohanes Adhijaya Foto: Instagram yohanesadhijaya
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian

4. Prediksi tren roti

Yohanes AdhijayaYohanes Adhijaya Foto: iStock

Saat ditanya soal tren roti ke depannya, Yohanes mantap menjawab pannettone. Berupa roti Italia yang identik dengan Natal dan Tahun Baru. "Pannettone yang bakal meledak karena ini roti perayaan akhir tahun" tuturnya.

Ia bahkan sudah berencana membuka kelas online pannettone mulai September. Dalam pembuatan roti ini, Yohanes mengatakan tingkat kesulitannya ada di adonan pannettone yang sangat lembek. "Juga biangnya, beda sama sourdough biasa," jelas Yohanes.

Ada juga eclair yang diprediksinya makin populer. Sebab pastry khas Prancis ini bisa dipadukan berbagai topping sehingga tampilannya semakin cantik.

5. Cerita di balik peuyeum tart

Yohanes AdhijayaYohanes Adhijaya Foto: Instagram peuyeumtart.id

Hal menarik lain dari sosok Yohanes adalah inovasinya akan peuyeum. Ia mengolahnya jadi serupa egg tart dengan sebutan peuyeum tart.

"Berangkat dari pengin bikin brand oleh-oleh, dan punya mimpi bikin brand oleh-oleh. Tapi bingung mau apa. Di Bandung kan paling terkenalnya peuyeum. Tapi kebanyakan orang nggak suka karena rasanya fermented, aromanya terlalu kuat. Jadi aku bikin seperti egg tart, tapi pakai peuyeum," katanya. Inovasi ini juga bertujuan membuat rasa peuyeum bisa diterima di lidah banyak orang.

"Dan aku udah tes, orang lebih suka peuyeum tart daripada peuyeum aslinya. Good-lah bisa membawa kota Bandung yang katanya kota kuliner jadi bikin tren oleh-oleh juga," pungkas Yohanes. Tampilan peuyeum tart buatannya juga cantik, dengan kemasan kotak bersifat personal.

Baca Juga: Japanese Milk Bun Ngetren, Baker Ini Banjir Pesanan Sampai PO 2 Minggu!

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Mukbang Mie Pedas ala Korea Bareng Marsha Aruan"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian
FOKUS BERITA Roti Manis Kekinian

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com