Wine hingga Champagne Berlabel Halal Ini Untuk Konsumen Muslim

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 27 Agu 2020 16:30 WIB
Minuman alkohol halal Foto: dok. detikFood

4. Champagne

-Minuman alkohol halal Foto: SWNS

Tahun 2011, minuman alkohol berlabel halal hadir di Paris, Prancis. Jenisnya champagne yang diproduksi Orient Drinks SPRL dalam merek Night Orient.

Tujuan produksi minuman ini adalah agar Muslim bisa mengganti konsumsi minuman alkohol yang sering hadir saat merayakan sesuatu di Eropa. Night Orient bahkan mengantongi label halal dengan keterangan "zero percent alcohol 'festive drink".

Champagne halal ini dikemas dalam botol kaca eksklusif, layaknya champagne sungguhan. Adapun pihak yang mengeluarkan sertifikat halal untuk produk ini adalah Brussels Chamber of Commerce pada bulan Maret 2010.

Baca Juga: Champagne Halal Dituang Pertama di Paris

5. Pendapat MUI soal minuman alkohol halal

MUIPendapat MUI soal minuman alkohol halal Foto: Istimewa

Lantas seperti apa jadinya jika produk minuman alkohol berlabel halal itu masuk Indonesia? Dikutip dari situs resmi Majelis Ulama Indonesia (MUI), pada tahun 2019 Prof. Dr.H. Hasanuddin AF, MA selaku Ketua Komisi Fatwa MUI menegaskan tidak bisa memberikan produk itu sertifikasi halal.

Ia mengatakan minuman alkohol halal tergolong produk tasyabbuh atau menyerupai produk yang diharamkan dalam Islam. Artinya meski minuman diklaim tanpa alkohol, tetap saja tak bisa dinyatakan halal.

Apalagi minuman alkohol halal juga serupa dalam hal warna, rasa, aroma, dan kemasannya dengan versi minuman aslinya. Prinsip serupa juga berlaku untuk produk halal menyerupai olahan babi seperti bacon halal atau imitasi babi panggang halal.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com