7 Makanan Khas Maluku yang Wajib Dicicip Para Wisatawan

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 26 Agu 2020 11:00 WIB
Cara Makan Papeda Makanan khas Maluku. Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Makanan khas Maluku memiliki keunikan tersendiri dengan keindahan pantai yang biru dan nyaris jernih. Pemandangan lautnya juga cantik sehingga tak heran banyak orang yang tertarik untuk berkunjung ke Maluku.

Maluku juga dikenal dengan pulau yang kaya akan rempah. Tidak hanya makanan khas Maluku Utara, tetapi Maluku Tenggara juga memiliki sajian kuliner yang terkenal. Makanan khas Maluku sebagian besar bersumber dari sumber daya lautnya seperti ikan, udang lobster hingga rumput laut.

Berikut ini makanan-makanan khas Maluku yang wajib kamu cicip:

1. Papeda

Cara Makan PapedaCara Makan Papeda Foto: dok. detikFood


Makanan khas Maluku yang terkenal adalahpapeda.Papeda dibuat dengan bahan dasar tepung sagu dan memiliki tekstur yang lengket dengan warna putih bening.Papeda memiliki rasa yang tawar sehingga cocok dijadikan sebagai pengganti nasi.

Cara membuatnya sangat mudah. Tepung sagu dicampurkan dengan air panas dalam wadah panci berukuran besar. Campuran ini kemudian diaduk-aduk sampai kenyal. Setelah itu bagi yang ingin menyantap dapat mengambil dengan menggulung papeda ini dalam dua batang sumpit dan dipindahkan ke piring atau mangkuk.

Di Maluku, papeda umum dinikmati dengan sayur gurih atau dicampur dengan kuah ikan kuning. Papeda tak hanya jadi makanan pokok di Maluku. Makanan ini bisa dengan mudah ditemui di Papua dan di Sulawesi dengan nama berbeda.

2. Ikan Kuah Kuning

Cara Makan PapedaCara Makan Papeda Foto: dok. detikFood


Karena rasa papeda hambar, biasanya masyarakat Maluku menikmati papeda dengan ikan kuah kuning. Ikan kuah kuning bisa dibuat dari ikan cakalang, gabus atau tongkol. Kuahnya yang berwarna kuning dengan campuran kunyit dan belimbing wuluh serta kemangi. Paling enak disantap hangat-hangat.

3. Ikan Bakar Dabu-dabu

Ikan Tude Bakar Sambal Dabu, a popular Minahasan dish of char-grilled mackerel topped with Dabu-dabu salsa, which is the Minahasan fresh salsa of tomatoes, chili peppers, and shallot. The fish is plated on rectangular wooden board lined with banana leaf. A small bowl of Sambal Rica (Minahasan red chili pepper paste) is served as extra condiment to the grilled fish.Ikan Tude Bakar Sambal Dabu, a popular Minahasan dish of char-grilled mackerel topped with Dabu-dabu salsa, which is the Minahasan fresh salsa of tomatoes, chili peppers, and shallot. The fish is plated on rectangular wooden board lined with banana leaf. A small bowl of Sambal Rica (Minahasan red chili pepper paste) is served as extra condiment to the grilled fish. Foto: iStock


Meski populer di Manado, ikan bakar dabu-dabu juga menjadi salah satu makanan khas Maluku yang enak dan wajib dicoba. Sambal dabu-dabu mentah memiliki citarasa yang pedas dan segar. Sambal ini cocok dinikmati dengan ikan bakar. Makin enak disantap dengan nasi hangat. Mantap!

4. Pom Pom

sagu malukuilustrasi sagu maluku Foto: Margaretha Vintyas/d'Traveler


Pom Pom adalah salah satu makanan yang dibuat dari sagu yang sudah disaring kemudian diambil sarinya. Pom pom banyak dibuat di desa-desa yang berada di Kabupaten Aru tepatnya di Desa Gulili, Desa Namara dan Desa Tabarfane.

5. Sambal Colo-colo

dabu-dabu khas pulau bacandabu-dabu dan colo-colo khas pulau bacan Foto: Danu Damarjati/detikcom


Bagi kamu pecinta pedas bisa langsung mencicip makanan khas Maluku yang berasal dari Dobo, Kepulauan Aru. Nama makanan ini terbilang unik dan rasa sambalnya sangat nikmat. Sambal colo-colo dicampurkan dengan ikan dan ditambah rempah-rempah untuk menutupi rasa amis dari ikan tersebut.

6. Aer Guraka

minuman tradisionalminuman tradisional Foto: (Endiansyah/ACI)


Selain makanan khas, Maluku juga memiliki minuman khas. Aer dalam bahasa Maluku berarti air dan guraka adalah jahe. Minuman bernama aer guraka ini berasal dari Halmahera, Maluku utara. Cara membuat aer gulaka ialah mencampurkan jahe, gula merah dan disajikan dengan potongan kacang kenari.

Beberapa sajian aer guraka juga dicampurkan dengan susu kental manis sehingga rasanya manis dan terasa hangat. Aer guraka enak dinikmati bersama dengan pisang goreng.

7. Manisan Pala

Buah Pala di JailoloBuah Pala di Jailolo Foto: (Wina Widiana/d'Traveler)


Makanan khas Maluku lainnya adalah manisan pala. Buah pala memiliki aroma khas yang berasal dari minyak atsiri. Supaya rasanya lebih enak, pala sering dijadikan manisan. Buah pala segar yang dicampur dengan air, garam dan gula pasir.

Proses pembuatan manisan pala dibuat dengan merendam buah pala dengan air dan garam selama 1 hari. Hal ini digunakan untuk menambah tekstur rasa yang empuk dan menghilangkan rasa sepat buah pala. Tentunya manisan pala menjadi oleh-oleh makanan khas dari Maluku.



Simak Video "Bia Paniki, Kuliner Khas Maluku yang Menyehatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)