Bisnis Jastip Makanan

Pengalaman Jastip Tahu Gejrot dan Empal Gentong Langsung dari Cirebon

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 24 Agu 2020 16:30 WIB
Makanan khas Cirebon Foto: Getty Images/iStockphoto/zulfikarilyas
Jakarta -

Kangen makanan Cirebon, kami coba jastip menu favorit kota udang ke Jakarta. Makanan sampai di hari yang sama dengan kualitas masih prima. Praktis!

Ingin membuktikan seperti apa mekanisme jasa titip (jastip) makanan dari luar kota ke Jakarta, kami coba memesan makanan khas Cirebon dari cirebon.ngemil. Pemesanannya melalui direct message (DM) Instagram dengan sistem pre order (PO).

Beruntung ketika kami hendak memesan pada Kamis (20/8), PO masih dibuka dengan pengiriman keesokan harinya yaitu Jumat (21/8). Respons admin terbilang cepat sehingga proses pemesanan pun tak makan waktu lama.

Admin memberikan daftar menu dan harga untuk PO yang tengah berlangsung. Ada banyak makanan khas Cirebon yang bisa kami pilih.

Jastip makanan: Oleh-oleh khas CirebonPengalaman Jastip Tahu Gejrot dan Empal Gentong Langsung dari Cirebon Foto: Instagram cirebon.ngemil

Diantaranya ketan gurih Ny Lany, tahu gejrot, manisan mangga, rengginang ebi pedas atau keju, nasi jamblang Ibu Nur, ikan asin jambal roti, roti Ruby, empal gentong Bu Darma, hingga kepiting RM Bung Kombor Pekalongan. Harga yang tercantum sudah termasuk biaya jastip dan ongkos kirim. Kisarannya mulai dari Rp 55.000 sampai Rp 180.000.

Kami tertarik mencicipi ketan gurih, namun sayang tak kebagian slot. Akhirnya pilihan jatuh pada empal gentong (Rp 75.000), tahu gejrot dari toko Oleh-Oleh Sinta (Rp 55.000), dan paket balakutak Nasi Jamblang Ibu Nur (Rp 70.000). Pembayaran dilakukan via transfer antarbank.

Baca Juga: Empal Gentong hingga Ketan Gurih Cirebon Juga Bisa Dipesan via Jastip

Selanjutnya admin menginformasikan titik pengantaran pesanan di Jakarta ada di Kelapa Gading, namun kami meminta daerah Jakarta Selatan agar lebih dekat ke rumah kami di Depok. Akhirnya disetujui titik pengantaran dari Kemang, Jakarta Selatan.

Pengalaman Jastip Tahu Gejrot dan Empal Gentong Langsung dari CirebonPengalaman Jastip Tahu Gejrot dan Empal Gentong Langsung dari Cirebon Foto: dok. detikFood

Pengantaran menggunakan ojek online (ojol) dengan pembayaran tunai di tempat kami. Akhirnya pesanan kami sampai sekitar pukul 15.30, tak meleset dari perkiraan admin yang menyebut antara pukul 15.00-16.00 pesanan tiba di Depok.

Terlihat tak ada pengemasan khusus pada makanan yang kami pesan dari jastip ini. Semuanya dibalut plastik dan kotak plastik dari tempat penjual saja. Empal gentong, misalnya, hanya dikemas dalam plastik. Antara kuah, potongan daging, bumbu pelengkap, dan kerupuk kulitnya dipisah. Pesanan kami rupanya mencakup dua porsi empal gentong.

Pengalaman Jastip Tahu Gejrot dan Empal Gentong Langsung dari CirebonPengalaman Jastip Tahu Gejrot dan Empal Gentong Langsung dari Cirebon Foto: dok. detikFood

Untuk menikmatinya, kami hanya tinggal memanaskan kuah empal gentong bersama isian dagingnya. Lalu diracik bersama cabai merah bubuk, daun kucai, dan bawang goreng. Ternyata kualitas empal gentong masih prima. Rasanya enak, tak berbeda dengan ketika kami memakannya langsung di tempat. Meski memakai santan, kuah empal gentong ternyata tak basi walau harus lama di jalan.

Untuk tahu gejrot, dikemas dalam plastik besar. Per porsinya berisi 50 buah tahu, sekantong cabai rawit hijau dan bawang merah, serta seplastik besar kuah tahu gejrot. Meracik menu ini terbilang lebih ribet karena kami perlu mengulek cabai dan bawang merah dulu. Terakhir barulah disirami kuah yang aroma dan rasanya khas.

Pengalaman Jastip Tahu Gejrot dan Empal Gentong Langsung dari CirebonPengalaman Jastip Tahu Gejrot dan Empal Gentong Langsung dari Cirebon Foto: dok. detikFood

Cita rasa tahu gejrot masih enak, apalagi kepedasannya bisa diracik sesuai selera. Namun tekstur tahunya agak kempes. Kami memaklumi hal ini karena proses pengantaran yang jauh.

Terakhir ada nasi jamblang Ibu Nur yang dikemas jadi satu dalam kotak plastik. Meski namanya nasi jamblang, tak ada nasi dalam pesanan kami. Hanya berupa lauk dan lembaran daun jati sebagai alas kotak plastik.

Untuk lauknya ada balakutak super alias cumi hitam khas Cirebon, tahu tempe bumbu pedas, perkedel, sambal, sate telur puyuh, dan kentang. Untuk menikmatinya, lauk-lauk nasi jamblang kami panaskan lalu dihidangkan bersama nasi hangat.

Makanan khas CirebonPengalaman Jastip Tahu Gejrot dan Empal Gentong Langsung dari Cirebon Foto: Getty Images/iStockphoto/zulfikarilyas


Secara keseluruhan, kualitas makanan yang kami pesan dari jastip Cirebon Ngemil masih prima meski dikirim antarkota, dari Cirebon ke Depok. Namun sebelum menikmatinya, kami memang harus meracik semuanya dulu agar tersaji hangat dan rasanya lebih nikmat.

Menyoal harga, menurut kami harganya masih wajar mengingat menu ini didatangkan langsung dari kota udang. Proses pemesanan yang praktis pun membuat kami boleh jadi ketagihan mencoba jastip makanan dari kota-kota lain di Indonesia.

Baca Juga: Jalankan Jastip Makanan Bisa Raih Omzet hingga Rp 90 Juta Sebulan



Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Masakan Manado Serba Pedas di Cikini"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)