3 Menu Sarapan Enak dan Praktis di Tanggal Tua

Odilia WS - detikFood Selasa, 25 Agu 2020 07:00 WIB
3 Menu Sarapan Enak dan Praktis di Tanggal Tua Foto: IG @ selvidjong
Jakarta -

Sarapan tetap bisa enak dan bernutrisi meski di tanggal tua. Ada pecel telur, sambal tempe dan tahu penyet yang enak dimakan dengan nasi hangat.

Sarapan enak dan bernutrisi tidak harus selalu mahal dan repot. Banyak sumber nutrisi lokal dan asli Indonesia yang punya nutrisi hebat. Seperti tempe dan tahu yang memakai bahan utama kacang kedelai.

Apalagi saat ini warga dunia mengurangi asupan nutrisi hewani dan lebih memilih nutrisi nabati untuk hidup lebih sehat. Dengan tambahan kecap manis dan sambal, tempe, tahu dan telur juga bisa jadi lauk sarapan murah, praktis dan enak.

Kalau kamu punya sedikit tempe, tahu dan telur di kulkas, 3 menu sarapan enak dan praktis yang cocok dibuat di tanggal tua ini bisa jadi pilihan. Cukup sediakan nasi hangat dan nikmati sarapan enak dan murah ini.

1. Sambal Tempe

Tempe merupakan sumber protein nabati dengan rasa gurih enak. Kedelai yang menjadi bahan utamanya juga memberikan asupan sejumlah vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Bahkan tempe dijuluki sebagai superfood karena lengkap nutrisinya.

Tempe mudah didapat dan harganya murah. Dengan uang Rp 5.000 bisa mendapatkan satu potong besar tempe yang bisa dinikmati sekeluarga. Kalau bosan digoreng saja. Cobalah olah jadi Sambal Tempe yang sedap dan pedas menyengat. Dijamin langsung segar dan melek.

Sambal tempeSambal tempe Foto: detikFood

Sambal Tempe

Bahan:
1 potong sedang (200 g) tempe yang bagus kualitasnya
20 helai daun kemangi, jika suka
1 buah jeruk limau/nipis
Sambal:
5 buah cabe merah keriting
3 buah cabe rawit merah
1 siung bawang putih
1 cm kencur
1 sdt garam

Cara membuat:

• Potong-potong tempe, lalu goreng hingga setengah kering. Bisa juga dibakar di atas bara api hingga agak gosong atau kukus sebentar.
• Sambal : Tumbuk semua bahan Sambal hingga halus.
• Taruh potongan tempe di dalam cobek, tekan-tekan hingga memar.
• Kucuri sedikit air jeruk limau/nipis.
• Tambahkan daun kemangi.
• Sajikan dengan nasi putih hangat.

Untuk 4 porsi

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Klepon Ubi Ungu, Pas Dimakan Saat Sarapan!"
[Gambas:Video 20detik]