Soto Jawa Lezat

Murah Banget! Soto di Sini Harganya Cuma Rp 1.000 hingga Rp 3.000an

Devi Setya - detikFood Minggu, 01 Des 2019 12:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Soto Jawa Lezat
Jakarta - Di Jawa, soto masuk dalam kategori makanan murah meriah. Jangan heran jika 2019 ini masih banyak soto harga murah di bawah Rp 5.000an. Malah ada yang Rp 1.000.

Banyak alasan yang membuat soto di Jawa dibanderol dengan harga murah. Salah satunya bahan baku yang mudah di dapat dan juga sajian ini banyak menggunakan kuah.

Di Jogja ada soto seharga Rp 3.000, sementara di Sragen ada soto yang semangkuknya cuma Rp 1.000. Nggak percaya? Berikut beberapa rekomendasi soto super murah.

1. Soto Mbah Jamin
Murah Banget! Soto di Sini Harganya Cuma Rp 1.000 hingga Rp 3.000anIlustrasi soto ayam Foto: detikfood

Soto Mbah Jamin ini berlokasi di Blora, Jawa Tengah. Harga sotonya dibanderol mulai Rp 3.000 saja. Tentu porsinya terbilang kecil. Tapi kalau mau soto dengan porsi besar bisa pesan yang harganya Rp 5.000. Masih sangat terjangkau kan?

Selain soto, aneka pelengkap juga harganya murah meriah. Sepotong tempe atau bakwan cuma Rp 500, perkedel Rp 1.000 dan babat Rp 5.000. Wah modal Rp 10.000 saja sudah bisa makan kenyang di sini.

Baca juga : Viral Jual Soto Rp 1.000, Pemiliknya Bisa Untung Jutaan Rupiah Setiap Hari

2. Soto Sewu
Murah Banget! Soto di Sini Harganya Cuma Rp 1.000 hingga Rp 3.000anFoto: Istimewa

Soto Sewu di Sragen ini sempat viral beberapa waktu lalu. Semangkuk soto di sini harganya hanya Rp 1.000 saja. Isiannya ada nasi, tauge, bihun dan irisan ayam. Porsinya memang kecil tapi ada juga soto porsi besar yang harganya Rp 3.000.

Pemilik usaha soto ini adlaah Sukarni yang memulai usaha soto sejak dirinya terkena PHK dari tempatnya bekerja. Meskipun harganya murah meriah, Sukarni mengaku bisa meraup banyak keuntungan. Ia mengatakan berjualamn soto sekaligus mencari berkah dengan sedekah.

3. Soto Jumapolo
Soto Jumapolo yang ada di jalur Karanganyar-Jumapolo ini tak kalah murah. Soto ayam dengan kuah bening ini dibanderol harga Rp 3.000 saja per porsinya. Meski kecil tapi seporsi soto ini sudah termasuk nasi.

Di pagi hari kedai soto ini selalu ramai pembeli yang mencari menu sarapan nikmat dan murah meriah. Selain soto, di warung ini juga disediakan rempeyek dan botok yang juga murah meriah.

4. Soto Seger, Jogjakarta
Murah Banget! Soto di Sini Harganya Cuma Rp 1.000 hingga Rp 3.000anFoto: istimewa

Warung soto seger milik Riihwan Kristiadi ini juga patut disambangi kala mampir ke Jogja. Semangkuk soto ayam ini harganya hanya Rp 3.000. Meski murah, isiannya terbilang komplet mulai dari tauge, bihun dan irisan kol. Lengkap juga dengan nasi.

Sang pemilik mengaku mematok harga murah pada sotonya agar terlihat berbeda. Dengan harga murah seperti ini orang jadi tertarik dan penasaran dengan rasanya. Kendati murah, tapi rasa soto ini tetaplah jadi fokus utama.

Baca juga : Cukup Rp 20 Ribu Bisa Makan Siang Enak di 5 Tempat di Jakarta

5. Soto Kwali Pak Surya
Murah Banget! Soto di Sini Harganya Cuma Rp 1.000 hingga Rp 3.000anilustrasi soto murah. Foto: Istimewa

Sedapnya soto kwali ini semakin menarik dengan harganya yang murah. Berlokasi di Klaten, soto yang buka sejak 2007 ini sukses menarik perhatian pembeli.

Kuah soto kwali dimasak dalam wadah tanah liat, ini yang menjadikan rasa soto semakin nikmat. Seporsi soto kwali ini dibanderol dengan harga Rp 3.000. Pembelinya pun datang dari banyak kalangan, ada anak sekolah hingga kalangan keluarga.

Simak Video "Soto Ayam Ambengan Pikul Jadi Soto Legendaris "
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Soto Jawa Lezat