Nasi Nusantara Autentik

Sedapnya Bikin Nambah, Nasi Tutug Oncom Benhil

Deden Rahadian - detikFood Rabu, 19 Agu 2020 10:30 WIB
Nasi tutug oncom Benhil Foto: Deden Rahadian/dok. detikcom
Tasikmalaya -

Mampir ke Tasikmalaya wajib makan nasi tutug oncom di sini. Nasi diaduk dengan oncom, disajikan hangat dengan sambal sedap. Dijamin nambah!

Nama warung legendaris ini adalah Nasi Tutug Oncom Benhil (TO BENHIL) di Jalan Dadaha Hilir. Sesuai namanya Nasi TO benhil merupakan perpaduan antara oncom berbumbu dengan nasi hangat. Dilengkapi gorengan cipe, bala bala hingga sambal tomat dan sambal hijau yang sedap.

Sebelum dihidangkan, penjual TO Benhil menyiapkan racikan tutug oncom matang. Oncom dihaluskan terlebih dahulu sebelum dimasak menggunakan bumbu. Oncom diberi bumbu kencur, bawang merah, bawang putih, plus gula, dan garam secukupnya.

Nasi tutug oncom BenhilNasi tutug oncom Benhil Foto: Deden Rahadian/dok. detikcom

Setelah Oncom matang, kemudian disiapkan nasi kualitas baik serta pulen. Panas-panas nasi kemudian dicampur dengan racikan oncom yang sudah diberi bumbu. Proses peracikan ini dilakukan saat nasi tutug dipesan dan diaduk cepat.

"Awalnya kita masak dulu oncomnya dengan tambahan bumbu dapur bawang merah, bawang putih dan cikur. Setelah itu, baru kita menanak nasi dengan kualitas premium. Nanti oncom matang diracik dengan nasi hangat", ujar Ronasih, penjual TO Benhil ditemui di warung sederhananya.

Nasi tutug oncom BenhilNasi tutug oncom Benhil Foto: Deden Rahadian/dok. detikcom

Nasi tutug oncom yang sudah diaduk dengan oncom berbumbu disajikan dengan sambal hijau dan sambal tomat serta leunca dan timun sebagai lalapan. Menu pelengkap lainya berupa cipe atau tempe goreng tepung hingga bala-bala atau bakwan sayuran yang hangat mengepul.

"Nasi Tutug Oncom Benhil dibuat dengan kualitas oncom baik ditambah nasi yang pulen dari beras premium tentunya. Dihidangkanya juga sangat sederhana. Gak pakai menu lain hanya sambai hijau sambal tomat ditamah bala-bala dan cipe." ucap Ronasih.

Penjual TO Benhil merupakan satu keluarga yang berjualan secara turun temurun. Setiap harinya nasi TO yang laku dijual mencapai 45 kilogram. Satu porsi Nasi TO Benhil dijual Rp 7.500. Sementara harga cipe dan bala bala dijual Rp 1000 rupiah per buah.

Nasi tutug oncom BenhilNasi tutug oncom Benhil Foto: Deden Rahadian/dok. detikcom

Lokasi TO benhil ini tidak lah sulit ditemukan. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua dan empat menuju warung TO Benhil di Jalan Dadaha Hilir. Lokasi warung TO Benhil tak jauh dari komplek Olah Raga Dadaha, Kota Tasikmalaya

Warung sederhana di pinggir sungai Cimulu ini tidak pernah sepi pembeli. Meski ditengah pandemi COVID-19, pembeli terus memenuhi warung. Antrean pembeli Nasi TO Benhil berjubel jika akhir pekan tiba.

Tak hanya warga Kota Tasikmalaya, warga dari luar kota datang untuk cicipi kelezatan Nasi TO Benhil yang legendaris. Pembeli bisa menikmati nasi TO langsung di warung atau dibungkus. Buka pada pukul 06.30, tapi begitu buka warung sudah penuh dengan pengunjung. Tentunya, sebagian harus sabar menunggu giliran duduk saking banyaknya.

Nasi tutug oncom BenhilNasi tutug oncom Benhil Foto: Deden Rahadian/dok. detikcom

"Saya itu rutin yah makan disini TO Benhil. Setiap Selasa dan Sabtu. Kalau nafsu makan sudah turun saya makan di sini. Enak lezat. Rasanya beda sih", ujar Sugih Ramdan, salah seorang pelanggan.

"Rasa Nasi TO Benhil ini lain daripada yang lain. Gurihnya itu terasa sampai tenggorokan. Saya itu tiap Sabtu atau Minggu sambil olah raga. Pasti mampir makan disini. Murah juga harganya", komentar pembeli lain, Dinda.

Menu sarapan ini pun bisa dipesan secara online dengan aplikasi ojol. Karena itu driver onjol banyak berkumpul di sini menunggu pesanan. Termasuk juga pesepeda yang mampir setelah gowes.



Simak Video "Hangat Nikmat Nasi Oncom TO Benhil yang Legendaris di Tasikmalaya"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)