Nasi Nusantara Autentik

Nasi Subut, Olahan Nasi Khas Kalimantan Utara yang Legit

Riska Fitria - detikFood Jumat, 14 Agu 2020 16:30 WIB
Nasi subut khas Kalimantan Timur Foto: detikcom
Jakarta -

Di Kalimantan Timur ada olahan nasi yang legit. Dikenal dengan sebutan nasi bubut yang terbuat dari campuran ubi jalar dan jagung. Seperti apa ya rasanya?

Sebagai negara agraris, tiap daerah di Indonesia punya olahan nasi yang unik. Dipadukan dengan hasil bumi atau bumbu lokal. di Jawa Barat dikenal nasi tutug oncom atau sangu tutug oncom yang memakai campuran oncom yang banyak dihasilkan daerah Jawa Barat.

Sementara di Kalimantan Utara dikenal nasi unik yang disebut nasi subut. Nasi ini terbuat dari campuran jagung dan ubi jalar ungu. Oleh karena itu, nasinya juga berwarna ungu. Rasanya juga agak legit dan pulen teksturnya. Nasi subut selalu disantap dengan lauk sate ikan pari. Kedua jenis makanan itu selalu dipasangkan sejak dahulu.

Berikut 5 fakta tentang nasi subut khas Kalimantan Utara.

1. Apa Itu Nasi Subut?

Nasi subut khas Kalimantan TimurNasi subut khas Kalimantan Utara Foto: Instagram @dapoer_aunty_nelly

Di Kalimantan Utara ada olahan nasi tradisional yang terkenal enak. Olahan nasi itu dikenal dengan sebutan nasi subut. Nasi subut merupakan olahan nasi yang terbuat dari campuran jagung dan ubi jalar ungu.

Campuran tersebut tentu membuat tampilan dan rasa nasi menjadi berbeda dari nasi pada umumnya. Campuran ubi jalar membuat nasinya berwarna ungu. Masyarakat di sana selalu mengandalkan nasi ini sebagai makanan yang menyehatkan.

Sampai saat ini masih belum ada yang bisa memastikan sejak kapan nasi subut dinikmati masyarakat di sana. Namun, sebagian besar masyarakat mengatakan bahwa nasi subut sudah ada sejak jaman nenek moyang dengan maksud untuk menghindari makan nasi berlebih.

Dilihat dari campurannya, nasi subut sangat padat gizi. Ubi jalar dan jagung tidak dihaluskan sebelum dicampur dengan nasi. Jagung yang digunakan berupa jagung pipil, sementara ubi jalar dipotong dadu. Jagung manis mengandung serat dan ubi memberikan pasokan betakoraten.

Baca Juga : Ini 10 Sarapan Nasi Tradisional yang Populer, Kamu Suka yang Mana?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video " Masak Masak: Resep Bikin Bakso Kuburan"
[Gambas:Video 20detik]