Ramah Lingkungan, Restoran Pizza Ini Pakai Kotak Anyaman Daun Pandan

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 18 Agu 2020 10:30 WIB
Kotak Pizza dari Anyaman Daun Pandan Foto: SCMP/Ruptly
Jakarta -

Kehabisan kotak pizza dari kardus, restoran pizza di Filipina ini menggunakan kotak dari anyaman daun pandan. Hasilnya lebih ramah lingkungan dan keren.

Di Provinsi Laguna, Filipina, ada restoran pizza yang berinovasi lewat daun pandan. Jika biasanya daun pandan digunakan sebagai bahan masakan, di restoran ini daun pandan justru disulap jadi anyaman untuk kotak pizza.

Baca Juga: Siswa di Kudus Bikin Pembungkus Makanan yang Bisa Dimakan

Kotak Pizza dari Anyaman Daun PandanKotak Pizza dari Anyaman Daun Pandan Foto: SCMP/Ruptly

Dilansir dari SCMP (17/08), restoran The BrickOven jadi viral setelah menggunakan kotak dari anyaman daun pandan. Kotak pizza yang disebut sebagai 'tampipi' ini tampil cantik dengan warna hijau cerah, lengkap dengan hiasan bunga segar di atasnya.

"Awalnya kotak tampipi ini dibuat ketika kami kehabisan kotak pizza yang dikirim dari Manila. Lalu kami berpikir untuk membuat kotak dari bahan-bahan yang mudah ditemukan," kelas Dennise Porca selaku pemilik The BrickOven.

Menurut Denise, wilayah Laguna terkenal dengan kerajinan tangan berupa topi anyaman daun pandan. Ia pun menghubungi salah satu pengrajin, dan menanyakan apakah mereka bisa membuatkan kotak pizza dari daun pandan.

Kotak Pizza dari Anyaman Daun PandanKotak Pizza dari Anyaman Daun Pandan Foto: SCMP/Ruptly

"Para pengrajin kemudian membuatkan kami contoh kotak pizzanya, hasilnya kami sangat suka dan memutuskan untuk menggunakannya," lanjut Dennise.

Selain lebih ramah lingkungan, Dennise melihat hal ini sebagai peluang untuk membantu para pengrajin anyaman pandan. Penghasilan mereka turun drastis selama masa pandemi virus Corona.

"Tujuan kami di sini untuk membantu komunitas, terutama warga lokal di Laguna. Kami ingin memberikan penghasilan tambahan untuk mereka di masa sulit seperti ini," pungkas Dennise.

Kotak Pizza dari Anyaman Daun PandanKotak Pizza dari Anyaman Daun Pandan Foto: SCMP/Ruptly

Perubahan kotak anyaman pandan ini berhasil mendapatkan respon yang positif dari pelanggannya.

"Kotak pizza dari daun pandan ini sangat ramah lingkungan. Tampilannya juga keren dengan gaya rustic. Ditambah dengan hiasan bunga di atasnya. Ini sangat unik," puji salah satu pelanggan The BrickOven.

Selain daun pandan, banyak juga bungkus makanan dari makanan. Seperti wortel, daun mangrove, hingga rumput laut.

Baca Juga: Nyam! 5 Bungkus Makanan Ramah Lingkungan Ini Enak Dimakan



Simak Video "Bikin Pizza Nggak Ribet, Pakai Roti Tawar!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com