Selain Chicken Katsu, Ada Beragam Katsu yang Krenyes Renyah

Odilia WS - detikFood Senin, 17 Agu 2020 10:00 WIB
Cara membuat chicken katsu Foto: Getty Images/iStockphoto/karimitsu
Jakarta -

Chicken katsu populer sebagai lauk gorengan Jepang. Enak dimakan dengan nasi hangat dan siraman saus kari. Ternyata ada jenis katsu lain yang lezat.

Menyebut katsu orang akan teringat pada chicken katsu atau tori katsu. Irisan daging fillet ayam yang dibalut tepung roti kasar dan digoreng kering. Saat digigit akan terasa krenyes renyah yang enak.

Belakangan chicken katsu populer sebagai lauk dalam curry rice. Seporsi nasi hangat yang diberi topping sepotong chicken katsu dan disiram saus kari Jepang yang cokelat muda kental. Tak salah jika orang menganggap katsu adalah curry rice karena nasi kari Jepang ini populer di dunia.

Padahal yang pertama kali dikenal adalah tonkatsu, kemudian dikreasikan beragam jenis katsu. Yang terpopuler chicken katsu atau torikatsu. Baru kemudian dikenal beragam jenis katsu lainnya.

gyu katsuBeragam katsu Jepang Foto: Istimewa

Berawal dari Tonkatsu

Menurut sejarah yang pertama kali dikenal di Jepang adalah tonkatsu. Fillet daging has babi setebal 2 cm dibalut tepung roti dan digoreng kering. Disajikan dengan saus bulldog atau saus BBQ Jepang cokelat pekat dengan aroma BBQ yang kuat. Ditambah salad irisan lettuce atau kol dan mayonnaise.

Tonkatsu dikenal pada abad 19, tepatnya tahun 1899 yang jadi menu di Rengatei, Tokyo. Merupakan salah satu jenis yoshoku, hidangan barat yang diadaptasi Jepang. Katsu merupakan kependekan dari katsuretsu yang artinya 'potongan'.

Tonkatsu dianggap sebagai makanan modern atau barat karena memakai teknik mengoreng yang konon diperkenalkan oleh orang Spanyol. Karena sering disajikan dengan nasi, atau kastu don, dan sup miso maka cukup mengenyangkan. Karenanya orang Jepang menyantap katsu sebagai makanan nasional. Terutama saat mereka menghadapi ujian atau pekerjaan besar sebagai makanan super.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com