Satu Menit Bisa Menikmati Chicken Katsu Curry Khas Jepang Ini

Odilia WS - detikFood Senin, 13 Jul 2020 09:00 WIB
Chicken Katsu Curry Foto: Dok. Amanoshokudo.jp
Jakarta -

Setelah mie instan populer di dunia, kini ada Chicken Katsu Curry yang super simpel. Cukup menunggu semenit, hidangan kari hangat siap dilahap dengan nasi hangat.

Sebagian besar penduduk dunia hanya bisa merebus air saja. Tetapi dengan keahlian ini kini mereka bisa menikmati ramen atau mie instan aneka rasa. Semuanya sudah dikemas lengkap, cukup tuangkan air mendidih dan tunggu beberapa menit. Mie kuah enak dan hangat siap dinikmati.

Kali ini inovasi dilakukan oleh Amano Foods perusahaan makanan dan minuman yang berlokasi di prefektur Hiroshima. Perusahaan ini fokus pada makanan beku kering. Dikenal dengan produk miso sup instan yang populer di kalangan traveler. Kini mereka kembali memperkenalkan Chicken Katsu Curry.

Chicken Katsu CurryChicken Katsu Curry Foto: Dok. Amanoshokudo.jp

Chicken Katsu Curry merupakan hidangan kari Jepang dengan chicken katsu, irisan daging ayam yang dibalut tepung renyah. Disajikan di atas nasi hangat dengan kuah kari yang kental, gurih dan harum. Rasa kari Jepang sangat ringan tidak seperti kari India. Karenanya banyak orang menyukai kari Jepang.

Dikutip dari situs amanoshokudo.jp, produk ini sudah pernah diperkenalkan secara terbatas pada tahun 2017 dalam penjualan terbatas. Kemudian dijual kembali pada tahun 2018. Karena waktu penjualan dan jumlah yang dijual terbatas banyak orang kecewa karena belum sempat membeli dan mencicipinya.

Chicken Katsu CurryChicken Katsu Curry Foto: Dok. Amanoshokudo.jp

Kaiko Indo, peneliti rempah, spesialis yang sejak berusia 19 tahun dan menjual beragam rempah kari mencicipi produk kari ini. Ia sudah meracik 500 jenis kari dan kini menempuh studi kimia makanan di University of Tokyo. Apa pendapat Kaiko Indo setelah mencicipi Chicken Curry Katsu ini?

Chicken Katsu Curry dikemas dalam kotak segi empat, tinggal dibuka penutupnya. Selanjutnya dituangi air panas sedikit demi sedikit dan dalam waktu 60 detik, chicken katsu akan terlihat masih dengan lapisan tepung yang renyah, sementara kuah kentalnya meleleh. Tinggal diaduk sebentar dan dimakan dengan nasi hangat.

Chicken Katsu CurryChicken Katsu Curry Foto: Dok. Amanoshokudo.jp

'Chicken Katsunya lebih besar mengembang lebih mewah dari yang terbayang dan ada irisan bawang bombaynya, tidak seperti kari umumnya,' ungkap Kaiko Indo seperti dikutip dari amanoshokudo,jp.

Menurut Kaiko Indo rasa karinya kental pekat dan chicken katsunya cukup renyah dimakan dengan kuah kari yang kental. Dengan teknik beku kering atau freeze-drying kari jadi lebih awet segarnya, nyaris tak ada yang berubah dari rasa asalnya.

Chicken Katsu CurryChicken Katsu Curry Foto: Dok. Amanoshokudo.jp

Satu porsi sajian ini hanya mengandung 550 kalori sehingga bisa dinikmati untuk makan siang atau malam. Padahal chicken katsu curry di restoran biasa mengandung 1000 kalori. Sementara Chciken Katsu Curry produk Amano ini hanya 238 kalori dengan nasi 550 kalori.

Amano Foods menjual Chicken Katsu Curry ini hanya melalui toko onlinenya saja. Satu kemasan berisi 2 bungkus dijual Rp 186.000. Sedikit mahal dibandingkan dengan harga makanan instan pada umumnya. Tetapi melihat inovasi dan keaslian rasa yang ditawarkan, produk ini bisa jadi pilihan buat mereka yang tak mahir memasak.



Simak Video "Hangatkan Akhir Pekan dengan Japanese Beef Curry"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)