Nasi Nusantara Autentik

5 Olahan Nasi Nikmat Khas Sumatera, Nasi Kentut hingga Nasi Minyak

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 15 Agu 2020 14:00 WIB
Olahan Nasi Khas Sumatera Foto: Instagram @kreatifood

3. Nasi Minyak

Olahan Nasi Khas SumateraOlahan Nasi Khas Sumatera Foto: Instagram @masakanrumahsimple

Kota Palembang di Sumatera Selatan sangat terkenal dengan pempek dan tekwan. Tapi tak hanya itu, ada juga olahan nasi khas Palembang yang sangat populer. Namanya nasi minyak yang sekilas penampilannya mirip dengan nasi kebuli khas Timur Tengah.

Nasi Minyak ini dimasak dengan minyak samin. Bumbu yang dicampurkan berupa bawang putih, bawang merah, jahe, hingga nanas. Bumbu tersebut harus dihaluskan lalu ditumis dengan minyak samin.

Jika tumisan bumbu sudah beraroma, barulah masukkan nasi ke dalamnya. Setelah matang biasanya disajikan dengan ayam bakar bumbu merah. Pelengkapnya berupa acar segar, tumisan buncis, dan sambal.

4. Nasi Kentut

Olahan Nasi Khas SumateraOlahan Nasi Khas Sumatera Foto: Instagram @kreatifood

Olahan nasi berikutnya datang dari Sumatera Utara tepatnya kota Medan. Ada nasi Kentut yang sangat populer di sana. Walaupun namannya kentut tapi nasi ini aromanya sedap, tak seperti namanya.

Nama kentut sebenarnya diambil dari daun kentut yang merupakan tanaman liar. Aroma daun kentut ini tak sedap tadi ketika dijadikan campuran nasi, rasanya sangat nikmat.

Sekilas nasi kentut mirip dengan nasi lemak khas Malaysia. Berupa nasi gurih yang dilengkapi dengan aneka lauk. Seperti ikan asin, kentang balado, rendang, sambal, dan potongan timun.

Baca Juga: Di Pulau Sumatra, Ada Nasi Kabaka dan Nasi Kentut yang Wajib Dicoba

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Saat Aneka Nasi Rempah 'Menginvasi' Lidah"
[Gambas:Video 20detik]