Rekomendasi Makan Siang

Kangen Masakan Aceh? Ada Nasi Gurih Rendang hingga Kari Bebek yang Enak di Sini

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 03 Mei 2018 12:00 WIB
Foto: Detikfood Foto: Detikfood
Jakarta - Bosan dengan masakan biasa, Anda bisa mampir ke sini mencicip menu khas Aceh yang enak. Mulai dari sajian nasi yang gurih hingga mie berkuah hangat nan sedap!

Di Jakarta dan sekitarnya, Anda bisa menemukan restoran ataupun rumah makan yang menyediakan makanan Aceh enak. Selain bisa mengobati kangen akan kampung halaman, akan tetapi juga punya rasa yang enak. Berikut ini beberapa tempat makan yang punya beragam sajian khas Aceh enak.

1. The Atjeh Connection

Kangen Masakan Aceh? Ada Nasi Guri Redang hingga Kari Bebek yang Enak di SiniFoto: Detikfood

Memiliki beberapa cabang yang tersebar di wilayah Senopati, Slipi, Menteng dan Sarinah. The Atjeh Connection punya beragam sajian makanan enak yang patut Anda coba. Kalau sedang kangen dengan nasi gurih, Anda bisa mencicip nasi gurih dengan paduan beragam lauk seperti telur balado, rendang dan ikan balado.

Selain itu, ada juga lontong sayur Aceh serta beberapa menu lain yaitu tiram masak Aceh, nasi bebek Aceh, keumamah, sambal ganja hingga kari kambing. Semuanya enak dimakan siang hari karena mengenyangkan. Minumannya juga tersedia kopi sanger, teh tarik hingga es timun serut yang segar.

The Atjeh ConnectionAtjeh Connection
Sabang 29
Jl. H. Agus Salim No. 29B
Menteng
Jakarta Pusat
Telp: 021-31925407

2. Jambo Kupi

Kangen Masakan Aceh? Ada Nasi Guri Redang hingga Kari Bebek yang Enak di SiniFoto: Istimewa

Berlokasi di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Anda bisa menemukan rumah makan khas Aceh yang tidak hanya punya sajian kopi dan kue enak, tapi juga makanan berat. Untuk makan siang, Anda bisa memilih sajian nikmat nasi yang mengenyangkan.

Ada nasi guri dengan paduan telur, ikan sambal, dendeng Aceh, ayam tangkap serta keumamah. Selain itu ada juga nasi briyani ayam rempah dan nasi briyani kambing. Kalau suka dengan bebek, Anda bisa mampir untuk mencicip kari bebek yang memiliki kuah kental dengan sensasi rasa gurih. Bebeknya dimasak dengan teknik slow cooking sehingga teksturnya juga empuk. Makin enak dinikmati dengan nasi hangat. Nyam!

Kalau hanya ingin ngemil, bisa juga mencicip roti cane, roti bakar, matabak Aceh hingga kopi. Tertarik mencoba?

Jambo Kupi
Jl. Rawa Bambu No. A4
Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Telp: (021) 78848549

3. Dapoe Aceh Melayu

Kangen Masakan Aceh? Ada Nasi Guri Redang hingga Kari Bebek yang Enak di SiniFoto: iStock

Berbagai menu makanan favorit dari Aceh dapat Anda temui di sini. Ada Mie Aceh, Ayam Tangkap, Gulai Kepala Ikan, Roti Jala dan Kari Kambing, Roti Cane, Ikan Kayu (Keumamah), Sambal Asam Udeung, hingga Timphan.

Namun salah satu yang pasti harus Anda coba adalah bebek masak kurma yang jadi andalannya. Hidangan bebek dengan aroma rempah yang nikmat memiliki sensasi rasa ketumbar, kapulaga dan jintan. Makin lengkap ditaburi dengan bawang goreng.

Selain itu ada juga cumi kaleyo, ayam tangkap hingga gulai telur ikan. Sedap!

Dapoe Aceh Melayu
Plasa Sentral Lt. Dasar P1
Jl. Jend. Sudirman Kav. 47-48
Jakarta Selatan
Telp: 021-57851207
Jam buka: 10.00-20.30

4. Waroeng Aceh kemang

Kangen Masakan Aceh? Ada Nasi Guri Redang hingga Kari Bebek yang Enak di SiniFoto: Lusiana Mustinda/detikFood

Mau makan mie Aceh sambil bersantai di warung? Mampirlah ke Waroeng Aceh Kemang di kawasan Kemang Timur Raya. Aneka makanan khas Aceh seperti nasi goreng, roti canai dan kopi sanger ada di sini. Salah satu yang unik adalah nasi dokter dengan topping telur dadar serta tumisan udang dan cumi.

Untuk mie Aceh ada pilihan biasa, telur, udang, cumi, daging, seafood dan spesial. Mie Tumis Seafood patut jadi pilihan dengan potongan udang dan cumi. Harga mie Aceh di sini mulai dari Rp 20.000 sampai Rp 29.000.

Waroeng Aceh Kemang
Jl. Kemang Timur Raya No. 90C, Kemang
Telepon: 0812 98739663

5. Pocut Dara

Kangen Masakan Aceh? Ada Nasi Guri Redang hingga Kari Bebek yang Enak di SiniFoto: Detikfood

Pocut Dara sediakan makanan rumahan gaya Aceh. Ada bebek masak kurma, roti jala, ayam tangkap, sayur pliek u dan tongkol balado di sini. Tak ketinggalan nasi goreng Aceh, martabal Aceh dan roti canai.

Kalau mau mie Aceh, Pocut Dara punya pilihan mie goreng, rebus, tumis dan mie kepiting. Sementara toppingnya bisa pilih udang, cumi, daging, cumi udang atau spesial. Kalau tak ingin mie, Anda bisa mencicip nasi gurih gaya Aceh dengan bebek masak kurma. Atau kalau tak ingin banyak santan bisa juga cicip Bandeng Asam Keueng dengan kuah kuning bening.

Pocut Dara
Jl. Raya Pasar Minggu No. 30
(sebelah gedung Sucofindo)
Pancoran
Jakarta Selatan
Telp: 0812-8488-4280


(lus/odi)