Nasi Nusantara Autentik

5 Olahan Nasi Nikmat Khas Sumatera, Nasi Kentut hingga Nasi Minyak

Yenny Mustika Sari - detikFood Sabtu, 15 Agu 2020 14:00 WIB
Olahan Nasi Khas Sumatera Foto: Instagram @kreatifood
Jakarta -

Ada banyak olahan nasi nikmat dari berbagai daerah Indonesia. Seperti di Sumatera, ada nasi kentut hingga nasi minyak yang patut dicicipi.

Nasi tidak pernah absen disantap orang Indonesia. Kalau tidak menyantap nasi dalam sehari pasti akan merasa ada yang kurang dan perut terasa lapar walaupun sudah menikmati beragam hidangan.

Olahan nasi di setiap daerahnya pun sangat beragam. Olahan nasi khas Sumatera juga tak kalah populer dari daerah lainnya. Seperti nasi Kapau yang sangat terkenal.

Ada juga nasi kabaka, nasi kentut, nasi minyak, hingga gurih dari Aceh. Kelima olahan nasi ini tentunya punya ciri khas yang berbeda. Mana yang jadi favoritmu?

Berikut 5 olahan nasi khas Sumatera yang sedap dan mengenyangkan.

Baca Juga: Kangen Masakan Aceh? Ada Nasi Gurih Rendang hingga Kari Bebek yang Enak di Sini

1. Nasi Kapau

Nasi Kapau Kedai Sutan MangkutoNasi Kapau Kedai Sutan Mangkuto Foto: detikfood

Berasal dari Padang, Sumatera Barat, pasti sudah tak asing lagi dengan olahan nasi satu ini. Namanya Nasi Kapau yang rupanya mirip dengan nasi Padang. Tapi tentunya kedua hidangan ini punya ciri khas masing-masing.

Perbedaannya terdapat pada lauk dan penyajian lauknya. Kalau nasi Padang disusun bertingkat ke atas menggunakan piring. sedangkan nasi Kapau disajikan dalam baskom atau wadah besar yang disusun bertingkat namun posisinya lebih rendah dari si penjual.

Untuk lauknya juga cukup berbeda. Ada beberapa lauk yang disajikan di nasi Kapau tidak ada di restoran Padang. Seperti sayur kapau yang jadi pendamping nasi. Ada juga gulai tambusu dan talua barendo (telur dadar khas Minang).

2. Nasi Kabaka

Olahan Nasi Khas SumateraOlahan Nasi Khas Sumatera Foto: Instagram @beby_vinny

Masih sama-sama berasal dari Padang, olahan nasi satu ini datang dari daerah Padang Panjang. Namanya Nasi Kabaka yang dibungkus daun pisang.

Tak hanya nasi saja yang dibungkus di dalam daun pisang, tapi terdapat juga isian berupa lauk. Untuk membuatnya, lembaran daun pisang diberikan nasi lalu lauknya diletakkan di tengah. Kemudian ditutup lagi menggunakan nasi putih hangat.

Lauk yang digunakan sangat beragam, ada ayam goreng, dendeng paru, telur balado, ikan, dan lainnya. Seporsi nasi dan lauk itu lalu dibungkus menggunakan daun pisang membentuk segitiga.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Saat Aneka Nasi Rempah 'Menginvasi' Lidah"
[Gambas:Video 20detik]