7 Olahan Telur Paling Populer di Dunia, Mana yang Kamu Suka?

Odilia WS - detikFood Sabtu, 15 Agu 2020 08:00 WIB
7 Olahan Telur Paling Populer di Dunia Foto: Thinkstock

5. Scotch Egg

Sajian telur ikonik Inggris ini mudah ditemui di setiap sudut kota London. Menurut catatan sejaran Scotch egg dikenal sejak tahun 1738. Berupa telur rebus utuh dibalut adonan daging yang dibalut tepung panir lalu digoreng kering. Disajikan dengan cara dibelah dua dan disiram brown sauce.

Konon Scotch eggg diadaptasi dari makanan India. Ditambah kata Scotch karena ditambahkan anchovy dalam adonan dagingnya agar rasanya lebih enak. Adonan daging pada scotch egg biasanya berupa daging sapi/babi/ayam. Ada banyak variasi untuk adonan dagingnya.

Tantangan membuat Scotch egg ini adalah menjaga agar telur rebus masih lumer leleh saat dibelah. Sementara sebagai pelengkapnya orang menambahkan kentang goreng/panggang atau kukus berikut selada dan setup sayuran. Beberapa orang lebih suka memakannya dengan brown sauce saja.

scotch egg7 Olahan Telur Populer di Dunia Foto: iStock

6. Omelette

Siapa di dunia yang tak kenal omelette atau omelet? Menurut Eggcyclopedia yang ditulis AMerica Egg Board, omelet sudah dikenal sejak zaman Roma kuno. Saat itu dikenal dengan nama ovemele atau telur dan madu. Tetapi bentuk omelet yang kita kenal saat ini diyakini berasal dari Prancis.

Menurut chef ternama Jacques Pepin, omelet Prancis dibuat dengan tambajan herba segar dan dimasak dalam wajan panas dengan banyak mentega. Setelah telur mendidih, goyangkan wajan dan aduk sebentar lalu lipat. Pemegang rekor Guiness World Record, Howard Helmer bahkan mampu melakukannya dalam 42 detik saja.

Kini omelet sudah dikenal di seluruh dunia. Maka muncullah beragam versi omelet. Ada yang diberi campuran tomat cincang, paprika dan jamur cincang, keju hingga daging asap cincang dan sambal. Versi terbaru dibuat omelet dengan putih telur dikocok terpisah hingga menggembung halus saat matang. Disebut sebagai fluffy omelette.

7. Soft Scrambled egg

Tak ada orang di dunia yang tak kenal scrambled egg alias telur orak-arik. Beberapa bukti sejarah di dunia menunjukkan jika telur ini sudah dikenal sejak masa Roma kuno. Awalnya hanya berupa telur dikocok saja kemudian ada beragam versi di dunia.

Kalau mengikuti petunjuk Eggcyclopedia, membuat cukup mudah. Kocok 2 butir telur dengan 2 sdm susu cairr atau air, sedikit garam dan merica hingga rata. Panaskan mentega dalam wajan di atas api sedang lalu tuangkan telur kocok. Saat telur mulai beku, aduk-aduk pelan hingga terbentuk gumpalan telur yang lembut.

Hingga saat ini yang masih jadi perdebatan adalah mana yang lebih enak, scrambled egg yang basah dan lembut teksturnya atau yang bergumpal agak kering. Kalau soal mana yang enak, tentu saja pilihan tergantung selera masing-masing.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com