5 Langkah Membuat Omelet yang Creamy Lembut

Odilia WS - detikFood Selasa, 04 Agu 2020 07:00 WIB
Fried chicken omelet curry Foto: iStock
Jakarta -

Omelet atau dadar telur jadi menu sarapan favorit di dunia. Kalau mau bikin sendiri cukup ikuti 5 langkah ini untuk dapatkan omelet yang creamy lembut.

Nama omelet berasal dari bahasa Latin yang artinya 'piring kecil' karena itu biasanya omelet dibuat satu buah untuk 1 orang saja. Tetapi jika ingin membuat omelet yang enak dan sempurna perlu beberapa kali gagal dan salah hingga jadi terampil bikin omelet.

Orang Amerika sering menambahkan isian pada omeletnya. Seperti jamur cincang, potongan paprika, bayam, daging asap, sosis dan lainnya. Sementara banyak orang yang masih berdebat soal perlunya menambahkan krim, susu atau minyak pada omelet.

Padalah untuk membuat omelet yang enak cukup diperlukan telur segar dan sedikit mentega saja. Bisa dinikmati saat sara[an tetapi enak juga untuk makan malam.

Peralatan yang diperlukan untuk membuat omelet adalah mangkuk, spatula karet/silikon dan wajan anti lengket agar omelet mulus. Konon omelet yang gampang-gampang susah bikinnya ini jadi tantangan dan ujian bagi calon-calon chef.

Untuk membuat omelet sendiri, kamu bisa mengikuti langkah ini. Cukup siapkan wajan anti lengket 20 cm, spatula karet dan piring saja. Untuk bahannya, 2 butir telur ayam segar yang besar, sedikit merica bubuk dan garam serta 1 sdm mentega.

Selanjutnya ikuti langkah membuat omelet yang creamy lembut dan mulus tampilannya.

1.Panaskan wajan dan kocok telur

Pecahkan telur dalam mangkuk, jangan langsung dalam wajan karena kulit bisa ikut tercampur atau telur busuk. Telur yang segar, kuningnya bulat utuh dan masih melekat kencang pada putih telur yang kental. Kocok dengan garpu hingga telur lepas dan berbuih halus.

Panaskan wajan anti lengket di atas api sedang, biarkan beberapa menit di atas api hingga wajan panas. Taruh 1 sdm mentega dalam wajan dan biarkan berbuih dan meleleh. Gerakan wajan memutar sehingga seluruh permukaan dan sisi wajan dilapisi mentega leleh.

Onion fried in a pan. Home cooking5 Langkah Membuat Omelet yang Creamy Lembut Foto: Today/iStock

2. Gerakan wajan dan spatula

Untuk mendapatkan omelet yang merata matangnya, dengan spatula karet atau silikon, aduk telur beberapa kali untuk membentuk gumpalan telur yang merata.

3. Diamkan telur hingga beku

Stelah 30 detik diaduk pelan, diamkan selama 60 detik. Angkat dari api dan biarkan proses masak berlangsung hingga keliling telur mulai membeku dan kelilingnya membentuk lapisan bening tipis.

Tahapan mmebuat Omelet Enak5 Langkah Bikin Omelet yang Creamy Lembut Foto: iStock

4. Gulung dan taruh di piring

Selipkan spatula untuk memastikan omelet sudah tidak melekat di wajan. Dengan spatula lipat pelan sambil dorong hingga terbentuk gulungan di ujung wajan. Kemudian dorong pelan ke atas piring saji.

Kalau bentuk gulungan masih belum rapi, tidak apa-apa, kamu masih bisa merapikan saat di atas piring selagi panas. Tetapi yang perlu diingat omelt harus kuning merata dan tidak ada bagian tang gosong. Saat dipotong bagian dalamnya basah dan creamy.

5. Rapikan omelet dan olesi mentega

Jika bentuk gulungan omelet belum rapi, gunakan tangan atau spatula untuk merapikan. Setelah rapi olesi dengan sedikit mentega permukaannya agar tetap lembap dan sedikit mengilap.

Taburi garam dan merica bubuk serta cincangan kucai untuk mempercantik penampilannya. Boleh juga ditaburi dengan keju parut. Sajikan dan nikmati segera selagi omelet masih hangat.



Simak Video "Masak Masak: Menu Sarapan Omelet Sehat ala Richard Kyle"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)