7 Olahan Telur Paling Populer di Dunia, Mana yang Kamu Suka?

Odilia WS - detikFood Sabtu, 15 Agu 2020 08:00 WIB
7 Olahan Telur Paling Populer di Dunia Foto: Thinkstock

2. Tamagoyaki

Sesuai dengan namanya tamagoyaki yang terdiri dari dua kata, tamago yang berarti telur dan yaki berarti panggang. Tamago yaki merupakan telur panggang. Olahan telur ini menjadi makin populer seiiring dengan populernya hidangan Jepang, terutama sushi.

Telur panggang ini dibuat dengan wajan segi empat panjang yang disebut makiyakinabe dan telur didadar berlapais-lapis kemudian dipadatkan dan dimasak hingga matang. Saat akan disajikan dipotong melintang 1 cm. Tamagoyaki sering dijadikan topping sushi.

Tamagoyaki umumnya memakai telur ayam segar yang ditambahkan sedikit shoyu, gula dan dashi. Tetapi kemudian dibuat varian lain seperti cincangan paprika, cincangan jamur, atau diberi lebih banyak gula sehingga lebih manis.

tamagoyaki a la Korea7 Olahan Telur Populer di Dunia Foto: Eugenie Kitchen/iStock

3. Croque Monsieur

Banyak kafe menawarkan menu sarapan gaya Prancis ini. Croque monsieur artinya 'sandwich pria'. Berupa irisan roti dengan isian keju dan beberapa iris ham atau daging asap. Konon sajian ini dikenal di Paris pada awal abad 20.

Dalam perkembangannya kemudian setangkup sandwich ini disajikan dengan telur mata sapi setengah matang. Karenanya namanya jadi 'croque madame'. Umumnya kedua menu ini dijual bersamaan.

Yang membuat istimewa dan khas Prancis, sajian sandwich ini memakai irisan brioche, keju Swiss dan saus mornay berikut taburan sedikit pala bubuk. Sandwich gaya Prancis ini harus dimakan hangat.

4. Egg Fuyung

Orang Indonesia mengenalnya sebagai fuyunghai. Sajian telur khas restoran China yang berisi daging kepiting atau daging ayam cincang dengan siraman saus asam manis. Hidangan khas Canton ini juga populer di Amerika Serikat.

Bahan utama sajian telur ini adalah telur segar yang kemudian diberi isian. Seperti daun bawang cincang, tauge, daging ayam/babi/sapi cincang atau daging kepiting dan udang. Selanjutnya digoreng sebagai omelet yang tebal dan kering.

Jika di Amerika egg fuyung disajikan dengan saus cokelat yang gurih, maka di Asia disajikan dengan saus asam manis dengan tambahan kacang polong kalengan. Tergolong 'comfort food' yang enak dimakan hangat meski hanya dengan nasi putih saja.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com