Yuk, Jajan Bakso Urat dan Telur Legendaris di Kemanggisan!

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 15 Agu 2020 15:00 WIB
Bakso Tip Top Enak di Kemanggisan Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Bagi penggemar bakso wajib mampir ke warung bakso legendaris di Kemanggisan ini. Ada bakso urat dan bakso telur yang enaknya bikin nagih.

Tak sulit menemukan penjual bakso di Jakarta. Selain bakso gerobakan, banyak juga warung bakso legendaris yang usianya sudah puluhan tahun. Salah satunya adalah warung bakso Tip Top di Kemanggisan, Jakarta Barat.

Baca Juga: Bakso Malik: Murah dan Mantap! Bakso Gerobakan Legendaris dengan Limpahan Tetelan

Bakso Tip Top Enak di KemanggisanBakso Tip Top Enak di Kemanggisan Foto: dok. detikFood

Warung bakso ini berada tak jauh dari gerobak tempe Mendoan Bagong yang hits. Tak kalah ramai dari tempe mendoan, banyak orang yang rela mengantre untuk makan bakso di sini.

"Warung bakso ini pertama kali dibuka sejak tahun 2000, sekitar 20 tahun yang lalu. Dari awal tempatnya di sini dan tidak pernah pindah," jelas Pak Jeni selaku salah satu pemilik warung bakso Tip Top.

Sekilas menu baksonya hampir sama dengan warung bakso lainnya. Menu andalannya ada bakso urat dan bakso telur. Dengan kisaran harga Rp 15.000 saja, di sini sudah bisa dapat 4 butir bakso yang ukurannya cukup besar dengan tambahan mie dan potongan sawi.

Bakso Tip Top Enak di KemanggisanBakso Tip Top Enak di Kemanggisan Foto: dok. detikFood

Kuah kaldunya bening dengan potongan tulang sumsum sapi yang jadi penguat rasa. Karena Pak Jeni berasal dari Tegal, racikan kuah baksonya sedikit berbeda dengan bakso dari Wonogiri dan sekitarnya. Di sini rasa kuah kaldunya lebih ringan tapi gurihnya tetap berasa.

Baksonya memiliki tekstur kenyal yang terasa padat gilingan dagingnya. Untuk bakso telur sendiri, Pak Jeni menggunakan satu telur ayam utuh yang pas disantap dengan kuah. Sementara untuk bakso urat, tekstur baksonya tidak terlalu kasar tapi renyah dengan rasa dagingnya masih kuat.

"Semua bakso di sini dibuat secara fresh setiap harinya. Itu kuahnya kita pakai potongan tulang iga, kalau datang pagi masih ada tetelan. Tapi biasanya kalau siang sudah habis tetelannya," lanjut Pak Jeni.

Bakso Tip Top Enak di KemanggisanBakso Tip Top Enak di Kemanggisan Foto: dok. detikFood

Setiap harinya Pak Jeni mengaku bisa menghabiskan 14 kg adonan bakso. Kebanyakan orang-orang mulai berdatangan usai jam pulang kantor untuk makan di sini.

"Kita buka dari jam setengah 10 pagi sampai jam 10 malam. Tapi biasanya jam 8 malam pun baksonya sudah habis," sambungnya.

Bakso Tip Top Enak di KemanggisanBakso Tip Top Enak di Kemanggisan Foto: dok. detikFood

Selain bakso urat dan telurnya yang terkenal, banyak juga pelanggannya yang pesan bakso menggunakan mie instan. Sayangnya warung bakso Tip Top ini belum bisa dipesan lewat ojek online karena banyaknya antrean pembeli di warung.

Nah, bagi yang penasaran dengan rasa bakso Tip Top, bisa langsung mampir ke warungnya yang ada di Jalan Kemanggisan 2. Jangan lupa cicip juga Mendoan Bagong di dekat sana.


Baca Juga: Hanya Dalam 4 Jam, Tempe Mendoan Bagong Ludes 400 Buah Tiap Hari



Simak Video "Menyantap Bakso Urat Tip Top Kemanggisan yang Legendaris"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)