5 Tips Bikin Nasi Goreng Telur yang Sedap dan Tidak Anyir

Odilia WS - detikFood Rabu, 12 Agu 2020 07:00 WIB
Tips Membuat Nasi Goreng Telur Foto: iStock
Jakarta -

Nasi goreng telur yang paling sederhana bisa jadi sarapan lezat. Tak sekedar mencampur nasi dengan telur saja, ada 5 tips yang perlu kamu perhatikan.

Meskipun berbahan sederhana, nasi putih, telur dan sedikit bumbu, nasi goreng telur bisa jadi sajian enak. Bagian luar nasi garing renyah sementara bagian tengah nasi terasa pulen saat digigit.

Pemakaian jenis wajan dan pengendalian api kompor, termasuk jenis kompor yang dipakai bisa mempengaruhi rasa nasi goreng. Yang penting diingat saat memasak nasi goreng gunakan api besar. Karena prinsipnya memasak nasi goreng adalah menumis nasi dengan bumbu dan sedikit minyak.

J. Kenji Lopez-Alt , seorang chef dan penulis kuliner di Amerika melalui videonya (3/8), membeberkan trik memasak nasi goreng telur yang simpel, praktis dan rasanya enak. Berikut ini resep dan tips membuat nasi goreng telur yang sedap dan tidak anyir.

Resep Nasi Goreng Telur

Bahan:
3 sdm minyak sayur
3 butir telur ayam
450 g nasi putih dingin
2 sdt kecap asin
3 batang daun bawang, iris kasar

nasi goreng telur KoreaTips Membuat Nasi Goreng Telur Foto: iStock

1. Siapkan semua bahan

Nasi goreng telur ini hanya perlu 5 jenis bahan saja. Karena proses memasaknya sangat cepat, sebaiknya siapkan semua bahan lebih dulu. Agar tak buang-buang waktu untuk mengambil bahan saat memasak nasi goreng.

Pertama uraikan nasi putih dingin agar tak bergumpal, ratakan di piring datar. Kemudian pecahkan telur dalam mangkuk dan kocok hingga berbuih halus. Iris daun bawang dan taruh dalam wadah. Siapkan juga piring saji untuk nasi gorengnya.

2. Panaskan wajan

Kamu bisa memakai wajan besi, aluminium atau yang berlapisan anti lengket. Paling ideal memakai wajan cekung atau wok yang terbuat dari besi. Pilihan lainnya adalah wajan cekung yang dalam dengan bagian dasar rata.

Wajan yang panas akan membuat telur dan nasi menjadi renyah bagian luarnya tetapi ketika digigit nasi masih terasa pulen.

Tips Membuat Nasi Goreng TelurTips Membuat Nasi Goreng Telur Foto: Youtube @J. Kenji Lopez-Alt

3. Tuangkan minyak dan telur kocok

Panaskan wajan hingga keluar asap tipis, sebagai tanda wajan sudah cukup panas dan siap dipakai. Tuangkan minyak lalu angkat wajan dan putar agar minyak melapisi seluruh sisi wajan.

Ingat selalu untuk memakai api besar. Selanjutnya tuangkan telur kocok dan biarkan hingga ada gelembung di permukaan telur. Segera goyangkan wajan dan biarkan telur terlipat lalu sisihkan di pinggir wajan.

4. Tambahkan minyak dan nasi

Selanjutnya tuangkan sedikit minyak lalu masukkan nasi putih. Dorong telur ke bagian tengah nasi dan aduk rata sambil potong atau uraikan telur menjadi gumpalan kecil dan tercampur rata dengan nasi.

Perhatikan jika butiran nasi mulai terdengar berdetak di wajan tandanya sudah cukup mengaduk dan matang. Aduk sekali lagi hingga seluruh telur tersebar merata.

Tips Membuat Nasi Goreng TelurTips Membuat Nasi Goreng Telur Foto: Youtube @J. Kenji Lopez-Alt

5. Bumbui nasi dan tambahkan daun bawang

Tuangkan sedikit minyak lagi dan kecap asin lalu aduk-aduk segera agar kecap tercampur merata dalam nasi. Warna nasi menjadi sedikit kecokelatan dan aromanya harum.

Terakhir masukkan irisan daun bawang dan aduk cepat hingga tercampur rata. Jangan mengaduk terlalu lama agar daun bawang tidak lonyot dan aromanya menjadi tajam. Tuang ke piring saji dan sajikan segera.



Simak Video "Unik! Nasi Goreng Tembakau Khas Temanggung"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)