Enaknya Nasi Goreng Kambing Buatan Chef Haryo, Tanpa Bau Prengus

Devi Setya - detikFood Minggu, 26 Jul 2020 07:00 WIB
nasi goreng kambing mas haryo Foto: Devi S. Lestari/detikFood
Jakarta -

Nasi goreng kambing punya penggemar khusus. Chef Haryo punya racikan bumbu khas yang membuat nasi goreng kambing jadi lezat, empuk dan tak berbau prengus.

Chef Haryo, selebriti chef yang kini sibuk berbisnis nasi goreng kambing membagikan tips agar nasi goreng kambing tidak berbau prengus. Dihubungi detikFood lewat sambungan telepon, Chef Haryo menjelaskan kalau daging kambing racikannya ini punya tekstur empuk dan rasa bumbu yang meresap.

"Saya perlakukan kambing ini dengan spesial, khusus. Saya potong sendiri kambingnya sesuai syariat Islam. Kemudian dagingnya saya bersihkan, saya masak pakai 11 jenis bumbu dan rempah. Makanya hasilnya empuk dan rasanya lezat," ujar Chef Haryo.

nasi goreng kambing mas haryonasi goreng kambing mas haryo Foto: Devi S. Lestari/detikFood

Berbeda dengan racikan nasi goreng kambing yang biasa memasukkan daging kambing mentah dan dimasak langsung dengan bumbu dan nasi. Chef Haryo justru punya teknik masak yang berbeda.

Baca juga : Jualan Nasi Goreng Kambing, Chef Haryo Pamer Piring Pelanggan yang Kosong

Daging yang sudah dipotong, kemudian dicuci dan dibersihkan. Setelah itu daging direbus bersama aneka bumbu untuk membuatnya empuk serta menghilangkan aroma prengus khas kambing. Proses perebusan ini memakan waktu 1-2 jam. Setelah matang, daging kambing kemudian diangkat dan dipotong-potong.

Prosesnya tak hanya sampai di situ, daging kambing kemudian ditumis dengan sedikit minyak untuk membuat aromanya semakin nikmat. Setelah daging kambing siap, barulah mulai memasak nasi goreng.

nasi goreng kambing mas haryonasi goreng kambing mas haryo Foto: doc. chef haryo

Untuk membuat nasi goreng, cara yang dilakukan sama seperti membuat nasi goreng biasa. Yang membuatnya spesial adalah racikan bumbunya. Semakin pekat bumbu maka rasa dan aromanya semakin strong dan nikmat. Nasi goreng kambing memang identik berbumbu medok.

Kami berkesempatan mencicipi nasi goreng kambing ala Chef Haryo. Nasi goreng kambing ini punya warna cokelat pekat, ditaburi potongan daging dan lemak kambing sebagai topping. Kemudian pelengkapnya ada telur mata sapi, acar mentimun serta emping.

Baca juga : Nasi Goreng Kambing Racikan Haji Nein yang Tersohor Sejak Tahun 1958

Nasi goreng ini sedap dimakan hangat-hangat, irisan daging kambing punya tekstur empuk dan sama sekali tidak berbau prengus. Demikian juga bagian lemaknya, langsung lumer di mulut tapi tak membuat mulut berlemak. Jangan lewatkan juga acar mentimun yang rasanya manis sedikit asam.

Pantas saja para pelanggan di sini ketagihan menyantap nasi goreng kambing buatan Chef Haryo. Tak berlebihan juga rasanya kalau Chef Haryo kerap pamer piring kosong milik pelanggannya yang doyan makan nasi goreng kambing.

Penasaran dengan rasanya? Nasi Goreng Kambing Mas Haryo bisa dinikmati di Restong (Resto Tongkrongan) yang berlokasi di Jalan RS Fatmawati Raya No. 6, Jakarta Selatan. Kalau beruntung, kamu akan dilayani langsung oleh Chef Haryo.



Simak Video "Tiap Hari Sudi Mampir Jl. Biak Dapat Habiskan Puluhan Ekor Kambing "
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)