Mantap! Pengusaha Ini Ajak Netizen Borong Makanan di Pinggir Jalan

Devi Setya - detikFood Selasa, 11 Agu 2020 12:00 WIB
gerakan jajan di pedagang gerobak Foto: instagram @novintt
Jakarta -

Indra Novint bukan hanya dikenal sebagai pengusaha, ia juga viral setelah mengajak banyak orang untuk jajan di pinggir jalan. Tujuannya mulia, agar pedagang makanan laris manis.

Indra lewat instagram pribadinya @novintt mengajak banyak orang untuk membeli makanan yang dijual para penjaja makanan kaki lima. Hal ini berawal dari pengalamannya bertemu penjual makanan yang curhat soal sepinya pembeli.

Penjual makanan gerobakan yang biasa mangkal di pinggir jalan ataupun berkeliling ini mengalami penurunan pembelian yang drastis. Terutama ketika aplikasi ojek online sudah gencar digunakan.

gerakan jajan di pedagang gerobakgerakan jajan di pedagang gerobak Foto: instagram @novintt

Baca juga : Tak Kunjung Laku, Penjual Es Krim Ini Berjualan 3 Hari Tanpa Pulang

Orang lebih cenderung mengandalkan gadget untuk memesan makanan via online, ketimbang keluar mencari dan membeli makanan langsung. Mirisnya, para pedagang kaki lima ini kadang tak melek teknologi sehingga tak bisa ikut andil dalam meramaikan sistem kuliner online.

Dampaknya sangat menyedihkan, Indra menunjukkan beberapa pedagang makanan yang setiap hari hanya kelelahan menunggu pembeli. Bukannya untung, mereka kerap kali menelan kerugian akibat makanannya tidak laku. Bahkan ada yang dalam sehari tidak laku sama sekali, alias pedagang ini harus membawa pulang dagangan sama seperti saat ia berangkat.

gerakan jajan di pedagang gerobakgerakan jajan di pedagang gerobak Foto: instagram @novintt

Keresahan ini kemudian membuat Indra membuat ajakan pada netizen agar mulai gencar membeli makanan dari penjual gerobakan yang ditemui. Salah satu pedagang ketoprak yang ia temui bahkan hanya mendapat omzet Rp 8 ribu dalam 2 hari.

Indra membuat ajakan bertajuk #saveasongan yang tujuannya tak lain adalah membantu para pedagang gerobakan agar bisa melanjutkan hidup. Seorang penjual nasi goreng yang ditemui Indra pernah terlihat sedang makan nasi kering sisa kemarin ditambah timun yang sudah berair.

Kondisi ini bukan mengada-ada karena Indra bertemu langsung dengan para pedagang makanan ini. "Sudah laku berapa bang?" tanya Indra saat bertemu tukang nasi goreng tengah malam. "Nggak laku, malah kurang karena saya makan sendiri," sahut sang penjual nasgor.

gerakan jajan di pedagang gerobakgerakan jajan di pedagang gerobak Foto: instagram @novintt

Baca juga : Setelah Lama Jadi Chef, Pria Ini Pilih Jualan Es di Pinggir Jalan

Masih lewat instagramnya, Indra tidak menyalahkan adanya ojek online dan segala fasilitas yang ditawarkan. Tapi di sini ia hanya mengajak agar lebih banyak orang yang jajan dengan sistem membeli langsung di penjual makanan gerobakan.

Aksi ini lantas menarik perhatian banyak orang. Banyak yang kemudian tersadar dan berusaha membeli jualan pedagang makanan di pinggir jalan, serta ada yang meneruskan ajakan ini.

"Bapak penjual nasgor depan kosan aku juga udah nggak jualan karena katanya nggak ada yang beli. Tiap malem yang beli cuma aku, dan itupun dikasih porsi banyak banget kaya 2 piring saking nggak lakunya," curhat netizen.



Simak Video "Bakso Ketupat Malang hingga Siomay Maknyus di Kawasan RS Mata Aini "
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)